Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Feb 2018 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Thailand, Ini Pagoda Emas di Laos

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 4
Pha That Luang dilihat dari dalam pagar dinding
Pha That Luang dilihat dari dalam pagar dinding
detikTravel Community -

Bangunan pagoda emas identik dengan Thailand. Namun bukan cuma di sana, pagoda emas juga dapat ditemui di Vientiane, Laos.

Pha That Luang adalah stupa berwarna emas yang terdapat di ibukota Laos, Vientiene. Stupa ini pada awalnya adalah Candi Hindu yang dibangun pada abad pertama masehi.

Pha That Luang berkali-kali direkonstruksi, terutama setelah hancur akibat invasi Thailand pada tahun 1828. Pada tahun 1900, Perancis berusaha untuk mendesain dan merekonstruksi stupa ini yang walaupun sempat gagal, akhirnya berhasil pada tahun 1930-an.

Stupanya memiliki tiga tingkatan, yang masing-masing tingkatan merefleksikan doktrin Buddha. Ketinggian dari tanah hingga puncak stupa adalah 44 meter.

Di dalam stupa terdapat patung Raja Jayavarman VII dari Kerajaan Khmer. Untuk masuk Pha That Luang, kita hanya perlu membayar sebesar 5.000 kip atau 8.000 rupiah. Stupa ini dikelilingi oleh dinding agar terjaga dari keriuhan kota. Pha That Luang saat ini menjadi monumen nasional yang sangat penting bagi Laos.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA