Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Feb 2018 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cantiknya Danau Toba dari Menara Pandang Tele

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Danau Toba dari Menara Pandang Tele
Danau Toba dari Menara Pandang Tele
detikTravel Community - Menara Pandang Tele adalah salah satu spot terbaik menikmati pesona Danau Toba. Mnara ini berada diketinggian dengan pemandangan yang bikin enggan berkedip!

Menara Pandang Tele adalah salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan alam Danau Toba. Menara ini terletak di Jalan Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Tepatnya berada di tepi Jalan Tele yang merupakan satu-satunya jalur darat yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir. Menara ini bisa ditempuh dalam waktu kurang 30 menit dari pusat Kota Pangururan, ibukota kabupaten Samosir.

Menara Pandang Tele ini diresmikan pada tanggal 22 April 1988 oleh Bupati KDH TK II Tapanuli Utara yaitu Drs. G. Sinaga. Untuk masuk ke dalam menaranya hanya cukup dengan membayar tiket seharga Rp. 2000 saja perorangnya.

Menaranya sendiri berbentuk seperti menara pandang pada umumnya dan terdiri atas empat lantai dengan lantai teratas berupa ruangan berdinding kaca. Sayangnya kondisi kacanya cukup berdebu sehingga mengurangi pemandangan yang bisa kita lihat. Akibatnya banyak wisawatan memilih untuk menikmati keindahan pemandangannya dari lantai tiga saja.

Di bagian atas menara terlihat ada beberapa ornamen-ornamen khas Batak Toba yang menambah kearifan lokal arsitektur menara ini.

Menara Pandang Tele merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal dan cukup ramai dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Samosir. Wajar saja, karena  pemandangan yang ditawarkan Menara Pandang Tele ini memang sangat indah dan menawan.

Tepat berhadapan dengan menara ini, kita akan disuguhkan pemandangan Danau Toba, danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu. Perairannya yang biru dan tenang terlihat cukup indah dari atas sini. Di sekeliling Danau Toba terlihat pula gugusan perbukitan hijau yang menambah pesona keindahan alam Danau Toba. Di sela-sela perbukitan tersebut ada beberapa air terjun yang memberi kesan segar dan alami.

Di sisi kiri terdapat pula Gunung Pusuk Buhit, sebuah gunung yang disakralkan oleh masyarakat Batak karena dianggap sebagai lokasi awal nenek moyang mereka. Gunungnya yang berdiri gagah terlihat perkasa dari menara ini.

Jauh di bawah sana terlihat juga jalanan Tele-Pengururan yang berkelok-kelok di pinggir perbukitan dan terlihat seperti ular kecil yang merayap. Ah, sungguh indah sekali pemandangan dari menara ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED