Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Feb 2018 11:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Naik Balon Udara di Laos, Bikin Merem Melek!

titry frilyani
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Balon udara saat masih belum terisi udara
Balon udara saat masih belum terisi udara
detikTravel Community - Balon udara selalu jadi hal yang menarik untuk dicoba. Liburan ke Laos jangan lewatkan untuk menikmati indahnya kota Vang Vieng dengan balom udara!

Vang Vieng merupakan sebuah kota kecil di Laos. Meskipun begitu, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan.

Selain berolahraga air seperti kayak di Sungai Nam Song, hot air balloon menjadi atraksi favorit di kota ini.

Untuk bisa naik balon udara, kita hanya perlu booking dan membayar di booth travel yang banyak terdapat di kota Vang Vieng ini. Jangan khawatir, banyak sekali yang menawarkan paket wisata dan biasanya mereka juga sudah mencantumkan harga di papan sehingga kita bisa memilih mana yang kita mau.

Kebetulan saya dan seorang teman mengambil tiga atraksi sekaligus yaitu naik balon udara, kayak di sungai namsong, dan berendam di blue lagoon. Total harganya 880,000 kip setelah tawar-menawar.

Kami memilih untuk naik balon udara saat sunset. Sekitar pukul setengah 5 sore, kami sudah tiba di meeting point untuk diantar ke spot naik balon udara. Ternyata dari sana, masih banyak juga turis lain yang dijemput di beberapa spot.

Sekitar 15 menit sampailah kami di satu lapangan besar yang disana sudah siap sebuah balon udara yang masih belum dipompa, dan juga sejumlah orang yang akan membantu membuat dan menerbangkan balon udara itu. Setelah menunggu beberapa saat, balon udara sudah siap diterbangkan.

Keranjang yang akan jadi tempat kami berdiri sudah siap dimasuki. Terus terang, tidak sebesar yang saya bayangkan sebelumnya. Satu persatu peserta dipersilakan masuk. Saat itu, ada sekitar 10 orang yang naik. Saya berdiri di pinggir pintu masuknya, lebih baik jangan dekat gasnya, karena apinya cukup panas.

Terus terang, ketika balon udara mulai dinaikkan, terasa agak ngeri karena ini pertama kali saya naik balon udara. Ketika balon udara tingginya sudah sejajar dengan bukit di sekelilingnya, jantung mulai berdetak kencang. Saya tidak berani banyak bergerak apalagi pindah tempat.

Pemandangan yang bisa kami lihat dari balon udara ini selain kota Vang Vieng adalah sawah dan bukit-bukit hijau yang mengellilingi kota ini, dan pastinya Sungai Namsong. Terlihat indah apalagi saat sunset, namun sayangnya saat itu di beberapa tempat ada kebakaran jadi asap menghalangi pemandangan yang seharusnya bisa lebih indah ini.

Hampir 1 jam kami berada di atas udara, tapi ternyata untuk mendarat juga tidak mudah. Walaupun agak bergeser sedikit dari tempat yang seharusnya, tapi kami berhasil kembali ke tanah dengan cukup mulus.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED