Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Mar 2018 10:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Makam Pendiri Batavia di Museum Wayang

Bayu Fitri Hutami
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Prasasti nisan makam Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen
Prasasti nisan makam Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen
detikTravel Community -

Bukan cuma sejarah dan aneka wayang, tetapi di Museum Wayang Kota Tua juga terdapat sebuah nisan. Waduh, bagaimana ya?

Museum Wayang yang terletak dikawasan kota tua ternyata mempunyai cerita menarik yang berkaitan dengan makam. Jika makam umumnya berada di kawasan pemakaman. Tetapi yang ini justru ada didalam museum. Pengunjung yang memasuki museum wayang akan masuk kesebuah lorong dengan deretan taman asri penuh dengan prasasti batu. Nah prasasti itulah nisan sekaligus petunjuk mengenai keberadaan makam tua yang pernah terdapat disini.

Museum wayang awal mulanya adalah bangunan gereja yang didirikan oleh VOC abad 16. Gereja ini sempat rusak karena terkena gempa bumi. Menurut cerita, terdapat lahan pemakaman yang menjadi satu area dengan bangunan gereja. Ada pun yang dimakamkan adalah tokoh Belanda, salah satunya Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen pendiri kota Batavia. Menurut cerita pula kematian beliau akibat sakit malaria. Sempat dimakamkan ditempat ini sebelum dipindahkan ketempat lain. Kini hanya tinggal petilasan berbentuk nisan yang menandakan bahwa beliau pernah dimakamkan disini. Selain pendiri kota Batavia ternyata beberapa Gubernur Jenderal Hindia Belanda juga ikut dimakamkan di sini.

Keberadaan prasasti nisan tidak seram karena pengelola museum mendesain sedemikian rupa bekas makam menjadi taman yang asri. Terlihat banyak orang berswafoto dekat prasasti nisan makam dengan leluasa tanpa rasa takut. Museum wayang sendiri adalah museum yang menyimpan koleksi boneka atau wayang dari berbagai negara. Jika kita masuk kedalam akan dijumpai wayang kulit, wayang suket (rumput), boneka unyil dan keluarganya sampai boneka India dan boneka-boneka unik dari berbagai negara. Setiap wayang atau boneka membawa ciri khas budaya negara. Misalnya dari pakaian atau aksesoris yang dikenakan sesuai asal negara wayang tersebut. Yang menarik ternyata untuk wayang kulit Indonesia terdapat silsilah keturunan seperti manusia. Secara umum keberadaan museum wayang memberikan informasi mengenai budaya sekaligus identitas bangsa melalui cerita yang ditampilkan dalam bentuk wayang atau boneka.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED