Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Sep 2018 08:09 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Asyiknya Naik Sleeper Bus Rute Makassar ke Toraja

Hardy Limiyanto
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Dari luar bus ini tampak seperti bus pada umumnya
Dari luar bus ini tampak seperti bus pada umumnya
detikTravel Community - Sleeper Bus kini sudah menjadi moda transportasi pilihan traveler. Salah satunya ada di rute Makassar-Toraja.

Tipe "Sleeper Bus" di Indonesia mungkin belum begitu sering kita dengar. Namun untuk beberapa negara seperti USA, India, Cina, UK, dan negara eropa lainnya sudah cukup terkenal. Istilah bus ini memang berasal dari kata berbahasa inggris "Sleep" yang berarti tidur. Mungkin beberapa dari teman-teman yang membaca ini beranggapan "loh kan di bus emang kita bisa tidur, jadi apa yang membedakan dengan bus pada umumnya?". Tipe bus ini biasanya dipakai untuk perjalanan jauh dan pastinya di dalam bus ada tempat tidurnya a.k.a ranjang loh. Jadi kita bisa beneran tidur bukan cuman sekejar tidur di kursi bus biasanya.

Saya sendiri baru tahu kalo "sleeper bus" ini ternyata sudah ada di Indonesia. Yang lebih takjub lagi saya tahunya ketika mencari transportasi umum dari Makassar ke Toraja. Tapi setelah nyari-nyari info ternyata bus ini sudah sempat booming di Jawa tahun 2016 namun sempat terkendala masalah perijinan. Konon katanya ketika bus ini pertama kali ada di Makassar peminatnya sangat banyak, sampai-sampai kita perlu booking dari jauh-jauh hari untuk bisa mendapatkan tiket. Saking penasarannya tanpa pikir panjang saya pun booking tiket untuk sleeper bus ini dua hari sebelum keberangkatan dan untungnya masih dapat tiket. Sekedar info, untuk bus rute Makassar - Toraja ini cukup banyak. Mereka pun berlomba-lomba menyediakan segala macam fasilitas agar penumpang bisa nyaman menggunakan jasa mereka. Kalian tinggal memilih mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan saja.

Kalau dilihat dari luar, bentuk fisik dari bus ini sama aja dengan bus pada umumnya. Tidak terlihat ada perbedaan yang berarti. Setelah masuk ternyata terdapat dua pilihan yaitu kursi dan tempat tidur. Di bagian depan terdapat kursi yang dengan formasi 2-2. Tempat duduknya mirip kursi sofa, empuk dan sangat nyaman. Cukup lebar dan bahkan adasandaran kaki sehingga kaki. Jarak dengan kursi di depan nya cukup luas sehingga kaki kita bisa merenggangkan kaki dengan leluasa. Bahkan bus ini lebih bagus dari bus Singapore-Kuala Lumpur yang pernah saya tumpangi (bangga banget kalau ini). Di bagian atas pun terdapat bagasi penyimpanan kecil. Sedangakan untuk koper atau barang bawaan yang besar bisa ditaruh dibagian bagasi yang terdapat di bagian bawah bus.

Untuk tempat tidur terdapat di bagian belakang bus. Terdapat 8 buah tempat tidur yang tersusun bertingkat dengan formasi 2-2 dan disediakan satu buat bantal, selimut dan satu colokan listrik (Untuk jaman now tentu ini salah satu yang sangat penting). Tempat tidurnya cukup empuk, mirip dengan kamar hostel. Disediakan pula tirai di tiap tempat tidurnya. Jadi lebih menjaga privasi setiap penumpang. Malu dong kalau tidurnya jungkir balik dengan air liur berhamburan di mana-mana dilihat penumpang lain. Hehehe. Untuk saya yang tipe kesulitan tidur di kursi tentu pilihan tempat tidur ini sangat membantu. Hal yang paling tidak mengenakan selama perjalanan adalah ketika bus berbelok cukup tajam. Secara otomatis posisi tidur kita pun pasti ngak nyaman donk. Tapi untungnya ditiap tempat tidur disediakan pembatas jadi tidur kita selalu terjaga keselamatannya. Bisa berabe tuh tiba-tiba asyik tidur trus kita terhempas jatuh sewaktu bus nya berbelok.Sleeper Bus kini sudah menjadi moda transportasi pilihan traveler. Salah satunya ada di rute Makassar-Toraja.

Menurut info yang saya baca sih katanya di beberapa bus terdapat fasilitas wifi dan TV. Tapi sayangnya di bus yang saya tumpangi tidak terdapat fasilitas itu. Ketika naik bus saya sih tetap berharap ada nya secercah sirna wifi di dalam dan saya langsung menyalakan wifi, namun apa daya hanya mendapat kekecewaan ketika melihat tidak ada signal yang tertangkap. Dan mungkin kekurangannya juga di bus ini tidak terdapat toilet. tapi tenang aja, busnya selama perjalanan berhenti dibeberapa tempat selain itu ngomong aja ke supir bus kalau memang udah kebelet. Secara keseluruhan sih saya malah lebih nyaman dengan sleeper bus ketimbang harus duduk sepanjang malam. Dan pada akhirnya rencana pulang dengan bus biasapun batal terlaksana karena aku sudah jatuh hati sama sleeper busnya apalagi harganya cuman selisih dikit aja.

Catatan tambahan : Banyak sekali penyedia Bus untuk rute Makassar - Toraja dengan harga yang bervariasi juga, yang saya gunakan adalah PO Bintang Prima. Untuk booking bisa melalui telepon dan bayarnya via transfer. Tinggal konfirmasi aja setelah transfer dan simpan bukti pembayaran untuk ditunjukkan ketika akan ditukarkan tiket. Saya lebih memilih tempat tidur atas. Karena menurut saya terlihat lebih luas aja. Harga tiket Rp, 210rb. Untuk yang kursi 190rb. (Januari 2018).Datangkan lebih cepat dari jam keberangkatan. Karena jika tidak ada halangan bus akan berangkat tempat waktu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Beginilah Keindahan Anambas

Minggu, 23 Sep 2018 16:20 WIB

Anambas, kepulauan tropis di wilayah barat daya Indonesia ini sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Panorama alamnya memukau!