Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Mar 2018 11:54 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Oh Candi Plaosan.. Semoga Cantikmu Terus Berpendar

Rizki Ramadan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Reruntuhan candi-candi kecil di sekelilingnya nampak random
Reruntuhan candi-candi kecil di sekelilingnya nampak random
detikTravel Community - Liburan di Jawa Tengah memang paling asyik dengan wisata candi. Punya banyak pilihan, ada Candi Plaosan di Klaten yang kecantikannya tak kalah dari Prambanan.

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Jaraknya tidak berjauhan apabila dijangkau dari arah Candi Prambanan. Memasuki area candi ini, penunjung cukup membayar retribusi Rp 3.000 saja.

Reruntuhan candi-candi kecil mengelilingi dua bangunan candi utama yang berada di tengah. Candi ini dibangun sekitar abad ke 9 masehi oleh Pramodhawardhani, seorang putri raja pada masa Dinasti Syailendra.

Menurut cerita sejarah, pembangunan candi ini didampingi oleh suaminya, seorang beragama Hindu yaitu Rakai Pikatan yang membangun Candi Prambanan. Melihat pola candi ini memang sekilas polanya terbilang unik dan mengangumkan.

Seperti perpaduan antara dua kultur yang berbeda, dimana pola candi yang ramping dan meruncing ke atas, namun di bagian atasnya terdapat stupa. Uniknya lagi, terdapat dua candi utama berada di tengah.

Candi utama ini memiliki ukiran relief bergambar manusia di sisi batuan dindingnya. Terdapat beberapa jendela di bagian dindingnya, di mana nampak ukiran dewa pada sisi atanya seperti yang terdapat di pintu untuk masuk ke ruangan candi. Candi utama ini dikelilingi pagar batu sebagai pembatas dengan pintu masuknya menghadap ke arah barat.

Tepat di sebelah barat candi utama, terdapat dua pasang arca Dwarapala yang saling berhadapan. Pada sisi timurnya, candi-candi berukuran kecil lebih tertata pola bentuknya yang sepertinya sudah mengalami paska restorasi.

Sementara di bagian utara, terdapat area gudang penyimpanan batu-batuan candi dan di sebelahnya teras batu setinggi satu meter berbentuk persegi. Sayangnya, pada area panggung tersebut beberapa patung Buddha terpajang dengan kondisi yang sudah tidak sempurna lagi.

Ada bagian kepalanya hilang atau patah. Sungguh sayang sekali benda purbakala ini tidak terawat dengan cukup baik. Padahal candi dan alam sekitarnya punya suasana eksotis yang tak kalah dari Prambanan.

Mengitari candi Buddha ini, wisatawan bisa melewati jalanan kecil diantara candi-candi kecil dengan batuan yang runtuh sebagian. Jalanan bertanah berukuran kecil memberikan kesan seolah kita berada di tempat yang asing. Hanya dipenuhi bangunan dengan batu-batu tersusun apik berpola mengagumkan. Liburan ke Klaten bisa mampir ke Candi Plaosan!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA