Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Mei 2018 12:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Selesai Revitalisasi, De Tjolomadoe di Solo Langsung Hits

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gedung eks pabrik gula yang megah, De Tjolomadoe
Gedung eks pabrik gula yang megah, De Tjolomadoe
detikTravel Community -

Sebuah bangunan bekas pabrik gula di Solo langsung hits dan belum lama ini diresmikan. Bangunan megah ini menambah daftar tempat menarik di Solo dan bisa menjadi alternatif saat menunggu waktu berbuka.

De Tjolomadoe adalah bangunan pabrik gula Colomadu yang telah direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial. Gedung megah ini terletak di jalan Adi Sucipto, Kabupaten Karanganyar dan didirikan pada tahun 1861 oleh Mangkunegaran IV, setelah sekitar 20 tahun pabrik gula ini berhenti beroperasi dan kondisinya terbengkalai.

Bekas bangunan pabrik gula dengan luas 1,3 ha mulai direvitalisasi di awal tahun 2017. Dengan tetap mempertahankan nilai dan kekayaan sejarah yang ada, sehingga tak heran jika di dalam gedung ini kita masih melihat mesin-mesin atau bagian dari pabrik gula di masa lampau.

De Tjolomadoe memiliki beberapa bagian seperti stasiun gilingan , stasiun ketelan, stasiun penguapan, stasiun karbonatasin dan lain-lain. Sekarang bagian- bagian tersebut difungsikan sebagai ruang pamer kerajinan tangan, cafe, tempat pameran seni , ruang konser, dan sebagainya.

Bangunan dengan atap yang tinggi dan berpenyejuk ruangan ini dijamin membuat pengunjung betah berada di sini . Tak kalah dengan bagian dalam yang menarik , bagian luarnya pun tak kalah cantik , taman dengan bunga-bunga dan tempat duduk menghiasi halaman De Tjolomadoe.

Terlebih saat matahari akan tenggelam, keindahan bangunan ini akan lebih cantik saat berpadu dengan sinar matahari yang kemerahan. Hal ini membuat pengunjung lupa waktu berbuka telah tiba.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED