Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jun 2018 11:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cantiknya Ciletuh, Global Geopark UNESCO dari Sukabumi

Jan H
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bukit Panenjoan
Bukit Panenjoan
detikTravel Community - Geopark Ciletuh baru-baru ini mendapat predikat Global Geopark dari UNESCO. Ada apa saja keindahan di sana?

Geopark Ciletuh - Pelabuhan Ratu, mungkin nama ini terdengar asing, dan mungkin sebagian orang hanya mengetahui Pelabuhan Ratu yaitu sebagai pantai di selatan Jawa, namun ternyata selain pantai, Pelabuhan ratu ternyata menyimpan tempat-tempat yang indah dan patut dikunjungi dengan akses jalan yang sudah baik yaitu Geopark Ciletuh. Geopark yang baru diberikan oleh UNESCO ini sangatlah luas, dan indah, namun sayang informasi bagi wisatawan yang ingin berpergian sangatlah sedikit, sehingga semoga artikel ini dapat membantu wisatawan untuk menentukan alur perjalanan yang pas untuk dapat berkunjung ke Geopark Ciletuh tersebut.

Berawal dari Ibukota Jakarta, mobil dipacu mengarah ke Kota Sukabumi, tetapi pada pertigaan di Kota Cibadak tetap mengambil arah selatan yang bertujuan kepada Geopark Ciletuh - Pelabuhan Ratu. Akses jalan menuju Geopark Ciletuh - Pelabuhan ratu ini pun sudah baik dan hampir tidak ada yang rusak, tetapi harap berhati-hati jika berpergian di malam hari, karena wilayah ini masih terdapat kabut tebal. 

tempat pertama yang dituju adalah Bukit Panenjoan atau Amphitheater Panenjoan. pemandangan yang disuguhkan sangat indah, yaitu bukit yang mengelilingi lembah yang subuh, dengan hijaunya persawahan, dan jika cuaca mendukung, dapat dilihat diujungnya merupakan samudra Hindia. 

Tempat selanjutnya yang letaknya tidak jauh dari Bukit Panenjoan, adalah Curug Awang, Curug yang terjadi di aliran sungai ciletuh ini dikelilingi persawahan yang hijau dan curug ini merupakan curug yang deras, tetapi wisatawan masih dapat berjalan sepanjang tebing di atas air terjun ini. 

Tempat ketiga yaitu curug Sodong Kembar. curug ini cukup jauh dari curug awang, kira-kira menempuh 1.5jam perjalanan mobil. Di satu area yang sama juga terdapat curug lainnya, yaitu curug Cikanteh yang dapat ditempuh hanya sekitar 10 menit dengan berjalan kaki dari curug Sodong Kembar. Curug Cikanteh ini pun tergolong lebih deras, bersih dan tinggi daripada curug Sodong Kembar. 

Pantai Palangpang merupakan tempat ke-4 kami, disini terdapat homestay ataupun penginapan untuk beristirahat, sebab Geopark Ciletuh ini sangat luas dan disarankan agar dapat meluangkan waktu sekitar 2-3 hari untuk mengunjungi semuanya.  Berdekatan dengan Pantai Palangpang terdapat Curug Cimarinjung dan Puncak Darma. Dari Puncak Darma inilah kita bisa melihat Geopark Ciletuh dari ketinggian. bersuguhkan pemandangan perbukitan dari bagian utara, hijau persawahan hingga menyambung ke laut selatan. jalan menuju Puncak Darma ini pun sudah baik dan dapat dilalui mobil yang menuju kembali kearah Pelabuhan Ratu ataupun ke kota Sukabumi dengan menyusuri laut selatan jawa. 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED