Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Jul 2018 15:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Belitung, Ini Telaga Biru di Hokkaido

Foto 1 dari 5
Blue Pond, telaga cantik berwarna biru di Biei, Hokkaido
Blue Pond, telaga cantik berwarna biru di Biei, Hokkaido
detikTravel Community - Traveler tentu sudah tidak asing dengan danau berwarna biru di Bangka dan Belitung. Kalau telaga biru ini ada di Hokkaido.

Blue Pond, telaga cantik berwarna biru yang terbentuk dari aliran suangai Biei pada waktu Gunung Tokachi meletus di tahun 1988.

Selanjutnya, telaga ini menjadi penampungan aliran lahar untuk melindungi area di sekitar bawah Gunung Tokachi.

Dulunya, karena fungsinya hanya untuk penampungan aliran lumpur Sungai Biei jika terjadi letusan gunung, telaga ini tidak boleh didatangi.

Namun, muncul entah darimana kandungan mineral yang membuat air telaga ini berubah menjadi berwarna biru.

Sehingga akhirnya karena kecantikan panoramanya, air berwarna biru dengan hijaunya pepohonan di belakangnya. Di tahun 2010, area ini dibuka untuk umum.

Kandungan mineral Aluminium Hidroxide pada air Sungai Biei membuat warna biru kehijauan yang cantik. Hanya saja pada tahun 2016 ketika terjadi bencana alam angin topan, lumpur dan pasir membuat air telaga ini menjadi agak keruh kecoklatan.

Untuk mencapai Blue Pond tidak sulit. Untuk yang menggunakan transportasi umum bisa menggunakan bus dari Stasiun Biei ke Stasiun Shirogane Onsen.

Perjalanan memakan waktu sekitar 20 menit. Dari pemberhentian bus (Bus Stop), hanya dibutuhkan berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke pintu gerbang masuk area. Jika menggunakan kendaraan pribadi, di situ tersedia area parkir yang luas.

Begitu memasuki area, untuk mencapai Blue Pond pengunjung akan menyusuri jalan setapak sekitar 10 menit sebelum akhirnya menemukan pemandangan telaga berwarna kebiruan yang cantik ini.

Pada musim panas, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata di Hokkaido. Seperti yang penulis alami sewaktu berkunjung ke sini, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung, termasuk rombongan anak sekolah dan keluarga-keluarga.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED