Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Jul 2018 12:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Candi Ratu Boko yang Tak Pernah Habis

Bekti Yusti
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gapura
Gapura
detikTravel Community - Candi Ratu Boko memang dikenal sebagai wisata menarik di Yogyakarta. Punya bangunan megah dan fotogenik, beginilah pesona Candi Ratu Boko.

Wisata candi dapat dijadikan salah satu pilihan wisata yang menyenangkan. Tak jauh dari Candi Prambanan, yaitu berjarak 3 km terdapat Candi Ratu Boko yang sangat megah. Ya sebuah candi yang dibangun di atas sebuah bukit ini menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Candi Ratu Boko memiliki keistimewaan dbandingkan candi-candi pada umumnya. Lebih tepatnya bangunan ini seperti keraton atau kerajaan. Tampak di bagian depan terdapat gapura yang megah yang disebut sebagai gapura utama yang memiliki pelaran yang sangat luas.

Pada bagian lain terdapat tempat pembakaran, kolam, keputren, pendopo, stupa, dan paseban. Berdiri di atas bukit seluas 250.000 meter persegi.

Selain tempatnya yang sangat luas pemandangan dari atas bukit juga sangat memanjakan mata. Dari sana kita dapat melihat Kota Yogyakarta serta Gunung Merapi disertai semilir angin.

Di bagian pelataran sebelum memasuki gapura utama terdapat pertunjukan kesenian tradisional Jawa. Alunan gamelan serta tembang-tembang Jawa menjadi hiburan tersendiri. Berhiaskan caping bercat warna-warni semakin menambah cantik kawasan wisata ini.

Hal seru selanjutnya adalah berburu sunset. Pukul 14.30 WIB kami tiba di parkiran, dengan perkiraan waktu setelah puas berkeliling area candi dapat menikmati sunset yang indah. Sayang saat kami berkunjung sedang mendung sehingga sunset tak tampak sempurna. Walapupun begitu tetap kagum dengan kemegahan Keraton Ratu Boko.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED