Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Sep 2018 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Telaga Kumpe, Kecantikan Tersembunyi dari Banyumas

Yanwi Mudrikah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Saya dan PAKIS (Piety, Achievement, Knowledge, Integrity dan Sincerety).
Saya dan PAKIS (Piety, Achievement, Knowledge, Integrity dan Sincerety).
detikTravel Community - Ada telaga cantik desa Gunung Lurah Cilongok, Banyumas. Namanya Telaga Kumpe dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Kampung Pesawahan merupakan grumbul di desa Gunung Lurah Cilongok, Banyumas. Letaknya hampir 20 Km dari arah Purwokerto. Kalau ditempuh dengan kendaraan roda 2 kurang lebih 60 menit. Di sana ada sekolah (MTS Pakis), yang setara dengan sekolah menengah pertama. Tetapi, MTS Pakis tersebut masih nginduk ke MTS Maarif Nu 2 Cilongok.

Rencana ke Mts Pakis akhirnya kesampaian juga bareng kawan-kawan komunitas sastra Gubug Kecil Indonesia dan mahasiswa-mahasiswi Tarbiyah/ PAI IAIN Purwokerto. Jauh-jauh hari kami mengagendakan, hampir batal. Tetapi, berkat kerjasama kawan-kawan PAI yang kompak alhamdulillah terlaksana juga. Sekalipun hanya 7 orang yang menyanggupi dari 48 mahasiswa.

Sesampai di sana, kawan-kawan membuat acara kecil untuk anak-anak pakis. Paginya kami mengajar, berlanjut ngegame dan kumpul-kumpul sambil menunggu matahari terbenam.

Kami pun pergi ke Telaga Kumpe di dekat kampung pesawahan. Luarbiasa udaranya, pemandangannya. Kami pun sempat melihat beberapa remaja dan bapak-bapak di sana yang sedang memancing. Sebab, katanya di Telaga Kumpe banyak ikan.

Hari hampir habis, berkumandanglah adzan maghrib. Dan kami pun kembali ke Mts pakis dan mulai ishoma dan beberes untuk menyiapkan acara malam dengan anak-anak pakis.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED