Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Des 2018 01:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Memburu Permata Asli Indonesia di Bandung

Foto 1 dari 5
Plang IWP
Plang IWP
detikTravel Community - Jenis batu mulia ini, sangat disukai banyak orang khususnya wanita. Permata dalam bahasa Yunani Kuno yang berarti 'Tak Terkalahkan' yang pertama dikenali dan ditemukan di India. Selain itu, dari sebuah sumber yang berupa tulisan Sanserkerta dalam naskah Angguttara Nikaya menjelaskan ciri permata yang kilaunya memancar. Permata memang sangat menyilaukan mata ketika memandangnya.

Di Indonesia ternyata memiliki jenis permata asli dengan aset tambang yang melimpah. Jenis permata ini lebih bersih dan karatnya tinggi dibanding dari luar negeri. Daerah penghasil permata di Indonesia yang terkenal yaitu Martapura di Kalimantan Selatan. Banyak permata dari sini sudah diekspor ke luar negeri. Keren kan!

Oh iya pada tahu tidak? Ternyata di Bandung ada sebuah tempat pengolahan permata modern pertama di Asia. Tempat ini terletak di daerah Dago, Bandung. Indo Wisata Permata, namanya. Tempat pengolahan permata sekaligus tempat wisata edukasi mengenai proses pembuatan permata di Indonesia. Sekali-kali jalan-jalan dapat pengetahuan juga.

Untuk bisa masuk dan menikmati segala proses tentang permata, cukup bayar Rp 50 ribu saja. Kita akan dibawa berkeliling melihat proses batu mulia ini dari mentah hingga menjadi permata. Mulai dari nonton short movie tentang perkembangan permata di Indonesia dan berdirinya IWP. Kemudian kita akan melihat ruangan-ruangan yang merupakan proses pengolahan permata. Batu yang tadinya kasar menjadi permata cantik.

Setelah melihat proses pengolahannya, akhirnya kita akan melihat hasil jadi permata tersebut dalam bentuk perhiasan berupa kalung dan cincin. Buat wanita, hati-hati bisa baper melihat kilauan permata yang dipamerkan. Permata yang dipamerkan ini pun, bisa dibeli langsung oleh konsumen, mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah. Ayo siapa yang mau borong!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED