Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Nov 2018 17:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Benteng Moraya, Benteng Cantik Minahasa Yang Kaya Sejarah

Aranty
d'travelers
Foto 1 dari 5
Benteng Moraya sebagai situs sejarah yang menjadi andalan dan kebangaan Minahasa
Benteng Moraya sebagai situs sejarah yang menjadi andalan dan kebangaan Minahasa
detikTravel Community - Minahasa punya destinasi sejarah Benteng Moraya. Selain kaya akan sejarah, benteng ini juga punya pemandangan cantik.

Liburan tak selalu harus ke gunung atau pantai. Kamu juga bisa memilih situs sejarah Indonesia sebagai alternatif lho. Salah satu situs terbaik yang sarat akan nilai-nilai sejarah adalah Benteng Moraya.

Benteng Moraya ini lokasinya ada di Tondano Barat, Minahasa, Sulawesi Utara. Bangunan yang bentuknya menyerupai mercusuar berlantai empat ini belum lama dibangun oleh Pemprov Sulawesi Utara dan baru dioperasikan dipenghujung 2016. Awalnya, area benteng yang berada di persawahan hanya berupa lapangan yang diisi oleh sisa kayu pondasi rumah zaman kuno dan makam-makan leluhur orang Minahasa .

Nama Moraya sendiri berarti genangan darah, karena ditempat ini pernah terjadi pertumpahan darah akibat perang antara orang Tondano-Minahasa melawan Belanda. Sebuah monumen menjulang tinggi dan berdiri kokoh menjadi simbol untuk mengingatkan akan nilai-nilai heroik dan patriotik orang Tondano- Minahasa dalam mempertahankan tanah leluhurnya.

Di sini, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru tentang Suku Minahasa, marga-marga di Minahasa, serta sejarah perjuangan orang-orang Minahasa untuk mengusir Belanda.Informasi tersebut bisa dilihat dari relief yang terukir di luar monumen.

Jika traveler mau menyaksikan keindahan alam Tondano dari ketinggian,  bisa menaiki tangga hingga ke puncak monument. Namun, jika Anda tidak berniat naik ke atas monumen, bisa duduk-duduk bersantai di sekitaran benteng ini.

Arsitektur benteng ini pun dibuat sangat menarik dengan kolam yang mengitarinya. Biasanya kolam ini dimanfaatkan oleh wisatawan untuk duduk-duduk bersantai. Salah satu yang saya sukai secara pribadi di tempat ini adalah udaranya yang sangat sejuk ditambah dengan pemandangan pegunungan dan areal persawahan yang hijau.

Dengan melihat langsung Benteng Moraya, selain mendapatkan informasi sejarah, kamu juga akan disuguhkan dengan keindahan alamnya yang masih asri. Hamparan sawah hijau nan asri dijamin dapat menyegarkan mata dan pikiranmu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA