Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Jan 2019 13:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Garuda Wisnu Kencana, Patung Tertinggi Ketiga Dunia Kebanggaan Bali

Foto 1 dari 5
Pintu Masuk Area GWK
Pintu Masuk Area GWK
detikTravel Community - Liburan ke Pulau Dewata, Bali, baru lengkap kalau datang ke Garuda Wisnu Kencana. Patung ini sudah selesai dengan tinggi 121 meter, tertinggi ketiga di dunia.

Patung yang beralamat di Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini berdiri kokoh di kawasan GWK Cultural Park seluas 60 hektar dan dibuat oleh Nyoman Nuarta. Patung raksasa ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan menjadikan patung ini patung tembaga terbesar dan bangunan tertinggi di dunia nomor tiga, mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Jarak yang ditempuh untuk mencapai lokasi GWK dari Bandara Ngurah Rai hanya sekitar 20 menit saja lho, tentunya dengan lalu lintas lancar.

Patung GWK dirancang sebagai bangunan untuk daya tarik wisata ini mampu menahan hembusan angin yang kuat dan tahan gempa. Patung ini diprediksi hanya akan hancur bila kecepatan angin mencapai 250 knot. Untuk mencapai lokasi Patung GWK, kita akan melewati tebing-tebing eksotis yang dahulu kala merupakan tempat penambangan batu kapur

Harga tiket masuk ke dalam kawasan GWK Cultural Park ini masih terjangkau. Untuk wisatawan lokal harga tiket masuk hanya sekitar 80 ribu rupiah dan untuk wisatawan asing tiket masuknya sedikit lebih mahal sekitar 120 ribu rupiah.

"Salah satu karya patung seni terbesar dan paling menakjubkan tetapi dengan karya seni yang mencerminkan nilai budaya Bali ini sungguh luar biasa dan merupakan mahakarya anak bangsa, I Nyoman Nuarta" tutur Lina Indrawati, wisatawan asal malang.

Bu Lina menuturkan bahwa tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Pulau Dewata Bali  tidak mengunjungi ikon pariwisata baru ini. Dia bahkan bercerita pas tadi sedang naik ke area utama GWK ternyata sedang ada tamu VVIP alias kepala negara dari negeri Panama.

Tamu VVIP bisa memasuki area dalam gedung patung GWK, tetapi masih belum terbuka untuk umum karena masih melengkapi beberapa fasilitas demi kenyamanan pengunjung.

Selain Patung GWK, di kawasan culture park ini para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah lainnya. Selain menawarkan pemandangan indah, tempat ini juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan dari pagi hari hingga malam hari. GWK cultural Park memiliki aneka ragam fasilitas yang memadai serta infrastruktur pendukung untuk berbagai jenis acara publik, acara swasta baik skala kecil maupun skala besar. Fasilitas tersebut meliputi Wisnu Plaza, Exhibition Hall, Street Theatre, Lotus Pond, Amphitheatre, Indraloka Garden, Restoran Jendela Bali, Kura-kura Plaza, Restoran The New Beranda, Boutique dan toko suvenir.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA