Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Nov 2018 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pink City Jaipur Bikin Jatuh Cinta

Asri Vernon
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hawa Maha si Istana seribu jendela
Hawa Maha si Istana seribu jendela
detikTravel Community - India tidak hanya punya Taj Mahal. Di sana juga ada Pink City, kota yang bangunannya berwarna merah muda. Seperti apa?

India! Yah jika kita mendengar kata India maka kita akan dibawa kepada sebuah negara dengan peradaban yang sudah sangat tua. Bahkan ada sebuah statmen yang mengatakan "India lebih tua dari pada sejarah." Dan kali ini perjalanan libur saya mencoba menjelajahi negara India untuk mencoba membuktikan cerita-cerita tentang keindahan India sebenarnya.

Saat kita berlibur ke India, biasanya destinasi yang paling mereka andalkan adalah Golden Triangle City yaitu Delhi, Jaipur dan Agra yang membentuk segitiga dan mempunyai situs2 sejarah yang sudah sangat tua dan melegenda. Dan perjalanan ini saya awali dari kota Jaipur.

Jaipur yang berada didalam bagian India yang bernama Rajasthan termasuk salah satu daerah terluas dengan bagian gurun pasirnya. Saat berkunjung di India khususnya Jaipur sebaiknya perhatikan dahulu bulan kapan akan kesini karna suhu panas gurun pasir tentunya sangat tidak bersahabat. Januari - Maret adalah waktu yang terbaik karna cuaca tidak terlalu panas.

Jaipur terdiri dari 2 kota yaitu New Jaipur dimana bangunan-bangunan rumah dan gedung disini tentunya sudah sangat modern dan terdapat mal yang juga dibangun dengan desain modern dan Old Jaipur atau yang disebut dengan Pink City. Untuk dapat mengetahui sejarah dan tempat-tempat bangunan sejarah tentunya semua haanya terdapat di kota tua Jaipur atau Pink City.

Kenapa disebut Pink City karna dahulu kota ini dipimpin oleh seorang ratu yang mengubah semua bangunan menjadi warna pink. Warna pink yang terlihat pada rumah-rumah itu di buat bukan lah di cat berwarna merah jambu namun sesuai dengan warna material batu atau tanah layaknya seperti warna batu bata kalau menurut saya.

Perbedaan yang sangat mencolok dari kehidupan peradaban mereka yang tinggal di Old Jaipur dan New Jaipur sangatlah mencolok sekali jika kita lihat. New Jaipur dengan kehidupan yang rapi dan mewah sementara Old Jaipur dengan peradaban layaknya pasar, kemacetan, kesemerawutan dan "kampungan" serta kotor dan jorok.

Tapi itulah India. Perbedaan kesetaraan disini sangatlah terasa sekali. Salah satu peninggalan yang paling nersejarah di Jaipur adalah Hawa Mahal. Ini adalah istana seribu jendela. Konon dulu putri-putri raja sering main kemari dan untuk melihat dunia luar para putri bisa melihat dari balik jendela-jendela yang banyak sekali dibuat.

Dan fungsi jendela nuga sebagai alat ventilasi udara agar didalam tidak terlalu panas ketika suhu udara mulai memanas. Hawa Mahal ini ada di lingkungan pasar Jaipur yang cukup ramai pedagang-pedagang kain sari India yang sudah sangat terkenal pastinya.

Next, Water Palace atau yang disebut Istana Air. Dulu saat saya mengetahui gambar tentang Istana Air ini rasa penasaran saya sangatlah tinggi ingin melihat keindahan Istana air ini namun ketika saya tiba melihat langsung saya sedikit agak kecewa.

Ternyata istana ini layaknya hanya seperti bangunan sekolah tua yang sedikit tenggelam. Itu menurut saya. Telaga nya yang sudah kotor dan jorok karna banyak sampah membuat tempat ini terlihat kumuh. Namun demi saya sudah tiba di sini toh tidak ada salahnya saya mengabadikan moment saya di sini.

Amer Fort sebuah istana benteng yang ada didataran tinggi berbatasan dengan gurun pasir. Sebuah bangunan tua yang sangat bersejarah dan cukup terawat menurut saya. Cuma sayang saat saya kesini badan saya agak lelah sehingga saya tidak masuk kedalam dan saya hanya berfoto dari luar saja.

Jantar Mantar adalah bangunan situs penunjuk waktu dan ramalan bangsa India Kuno. Disini kita bisa belajar bagaiaman ramalan waktu dan horoscope versi India dan konon hitungan waktu mereka sangatlah akurat. Dan simbol-simbol horoscope yang mereka buat sangat lah unik dan sangat instgramable banget.

City Palace adalah sebuah Istana yang lokasi bersebrangan dengan Jantar Mantar. Istana ini sangat instagramable banget karna cirikhas arsitek Jaipur sangatlah terasa kental dan indah sekali disini. Hanya untuk masuk kebagian dalam istana kita dikenakan charge yang menurut saya agak mahal jadi saya cukup mengambil foto-fotonya dari pelataran luar istana yang menurut saya sudah cukup indah.

Saat kita berkunjung ke Jaipur pemandangan Seorang dengan mengendarai Onta di jalan raya adalah sebuah pemandangan yang lumrah terlebih banyak nya anjing-anjing yang postur badannya lebih tinggi dari postur anjing-anjing di Indonesia berkeliaran di jalanan. Meski anjing-anjing ini jinak namun tetaplah membuat saya risih dan berhati-hatilah terhadap kotoran anjing yang terkadang suka banyak di jalanan.

Namun bagaimanpun kumuhnya menurut saya keadaan kota tua Jaipur, namun peninggalan sejarah yang ada disini begitu mempesona dan meaki masih banyak situs bersejarah yang ada disini yang belum sempat saya datangi, Jaipur tetaplah bagian dari Golden Triangle yang indah
BERITA TERKAIT
BACA JUGA