Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Jan 2019 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Kuta Mandalika yang Bikin Susah Move On

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hamparan Pasir Putih di Pantai Kuta Mandalika
Hamparan Pasir Putih di Pantai Kuta Mandalika
detikTravel Community - Walau belum sepopuler Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta Mandalika perlahan mulai dikenal. Indahnya bikin susah move on!

Lombok? Yes! Akhirnya saya punya kesempatan untuk kembali berkunjung ke Lombok setelah lebih dari 11 tahun tidak berkunjung ke Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat ini.

Masih jelas dalam ingatan saya, kunjungan ke sini yang terakhir adalah pada tahun 2007 lalu. Kunjungan saya ke Lombok kala itu bukan untuk jalan-jalan, tapi ada penugasan. Meski begitu, saya menyempatkan diri untuk berwisata.

Tahun 2018 ini, saya kembali mendapat kesempatan untuk mengunjungi Lombok dalam rangka event TNI International Marathon 2018. Yeah, saya memang diajak untuk datang ke event ini.

Saya akan menumpangi pesawat Hercules VIP milik TNI Angkatan Udara, dan ini pengalaman yang sangat berharga dan langka. Penerbangan dengan Hercules membutuhkan waktu 2 jam karena speednya yang lebih lambat dibandingkan jet sekelas Boeing atau Airbus.

Mendarat di Bandara Internasional Lombok, saya menuju Mataram. Sorenya saya akan ke Mandalika, ke lokasi acara TNI Marathon ini. Lokasinya ada di pinggir pantai Kuta, Mandalika Lombok. Pantai? Wah tak sabar saya.

Dari Mataram, perjalanan ke Kuta Mandalika ini butuh waktu kurang lebih satu jam. Tidak terlalu lama bukan? Nah sesampainya di Kuta Mandalika ini, saya tidak langsung ke Pantai. Namun, ada yang harus dikerjakan dahulu.

Pekerjaan beres, saya melanjutkan ke Pantai. Saya terpesona! Pantai Kuta Mandalika ini bikin saya tercekat dan terperangah. Tidak sangka pantai bisa secantik ini, seindah ini.

Hamparan pasir putih, pantai yang tenang berbentuk seperti teluk. Ah indahnya. Saya pun langsung jeprat-jepret. Pantai Kuta Mandalika ini bentuknya seperti teluk. Ada bukit kecil dan ada seperti bebatuan karang yang menjorok ke tengah laut.

Lokasi ini menjadi tempat favorit untuk berfoto. Selain berpasir putih, ada juga bagian pantai yang berbatuan kecil dengan air sangat bening. Memancing diri saya untuk menceburkan diri ke air laut. Sayangnya saya tidak membawa pakaian untuk berenang.

Pantai ini, pasirnya seperti ada dua bagian. Bagian pasir yang seperti lada. Ukurannya sedikit lebih besar dan juga ada yang berpasir sangat halus. Ini bagi saya sebuah keunikan.

Ada sesuatu yang unik, yang saya temukan di Pantai Kuta Mandalika ini. Apa itu? Sarana bermain anak yang seperti di RPTRA yang ada di Jakarta. Wah, jarang sekali melihat pantai yang ada seperti ini.

Di bagian lain dari Pantai Kuta Mandalika ini, ada juga signage atau tulisan besar Mandalika, Kuta Lombok. Ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk wisatawan berfoto.

Setelah berkeliling Pantai Mandalika, saya menunggu matahari terbenam. Saya ingin mengabadikan golden hour di pantai yang sangat indah ini. Dan hasilnya? Kece banget.

Meskipun saya sudah kembali ke Jakarta, keindahan pantai ini masih terbayang dalam benak saya. Sungguh beruntung saya bisa ke sini. Mandalika ini sendiri adalah kawasan ekonomi khusus yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah di era Pak Jokowi. Yep memang ada 10 "Bali Baru" yang tengah dikembangkan.

Salah satunya adalah Mandalika ini. Dan melalui event TNI International Marathon, seperti kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kawasan ini ingin dijadikan kawasan wisata unggulan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED