Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Nov 2018 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Romantis Taj Mahal di Agra, India

Asri Vernon
d'travelers
Foto 1 dari 5
Taj Mahal nan mempesona
Taj Mahal nan mempesona
detikTravel Community - Kota Agra dengan Taj Mahal yang memiliki bukti sejarah akan kebesaran cinta. Begini cerita perjalanan saya ke sana.

Pukul 12 siang supir yang sudah kami sewa siap membawa saya berpindah dari Jaipur menuju kota Agra. Kenapa saya memutuskan berangkat pukul 12 pagi itu dikarenakan perhitungan waktu yang sudah saya rencanakan untuk menuju kota Agra akan memakan waktu 4-5 jam dan setiba nya di kota Agra langsung check in dan beres-beres agar bisa menuju Taj Mahal sepagi mungkin. Dan perjalanan saya menuju kota Agra sangat lancar karna India yang terkenal dengan jalanan yang macet dan semraut saat siang hari ternyata sangat beda ketika pagi. Sangat hening dan hanya sedikit mobil yang bersiliweran.

Perjalanan saya ternyata cukup cepat karna hanya memakan waktu 4 jam saya sudah tiba di hotel yang lokasinya hanya berjarak 0,5Km menuju Taj Mahal. Agra, sebuah kota bagian dari Golden Triangle City kebanggan dari tujuan wisata Incredible India dimana disini terdapat sebuah bangunan yang masuk sebagai salah satu 7 keajaiaban dunia. Taj Mahal memiliki sebuah kisah yang sangat akbar. Sebuah kisah misteri akan kebesaran cinta.

Jika di negara barat terkenal dengan kisah Romeo dan Juliet, maka di salah satu negara Asia Selatan yaitu India dengan kisah Taj Mahal. Dimana Raja yang berkuasa saat itu memiliki 3 istri yang sangat cantik namun dari ke tiga istri itu hanya Mum Taj demikian nama panggilan istrinya yang paling sangat dia kasihi dan cintai. Dan oleh karena menderita sakit akhirnya Mum Taj meninggal dunia dan sebelum meninggal beliau berpesan pada sang Raja yang sangat dia kasihi untuk berjanji padanya agar raja tidak menikahi seorang wanita lagi dan membangun sebuah monumen untuk mengenang beliau saat dia teringat pada dirinya. Dan melalui janji itulah akhirnya sang Raja membangun sebuah bangunan yang begitu indah yang penuh dengan batu permata Caroline dan lainnya. Konon, saat sang Raja mau meninggal sebenarnya telah akan di buat sebuah bangunan juga disamping Taj Mahal ini untuk sang Raja yaitu Black Mahal namun entah kenapa bangunan tersebut tiak direalisasikan. Bekas bangunan nya yang gagal bisa kita lihat dari salah satu sisi Taj Mahal. Dan tepat pukul 6 pagi akhirnya saya tiba di bangunan Taj Mahal yang begitu indah dan megah yang telah lama menjadi bucket list saya.

Rasanya saya tidak percaya saat bisa menyentuh langsung keindahan bangunan Taj Mahal yang apabila saat bulan purnama gedung bangunan ini berubah warna secara alami karna efek batu-batu permata yang bercahaya terkena sinar rembulan dan bahan batu marble dari bangunan ini pun turut memantulkan cahaya luar biasa. FYI batu marble untuk membangun Taj Mahal ini adalah batu marble terbaik sedunia yang didatangkan dari Rajhastan dan di bawa dengan menempuh jarak ribuan kilo oleh gajah, kuda dan lain-lain, tentu nya pada masa dulu tidak ada kendaraan mesin yah. Jadi bisa dibayangkan berapa ribu ton batu alam yang beratnya luar biasa di bawa dari Rajhastan. Tips untuk datang ke Taj Mahal sebaiknya saat menjelang sunrise karna sangat indah sekali. Taj Mahal di bangun diatas koordinat yang sangat tepat dan baik sehingga 4 sisi Taj Mahal apabila kita melihat dari sisi manapun maka akan terlihat sama. Dan jangan membawa makanan atau atau minuman dan ada beberapa kamera yang tidak diperbolehkan dibawa saat masuk ke Taj Mahal.

Jika mau melihat perubahan warna Taj Mahal saat bulan purnama, maka kita tidak bisa mendekat pada Taj Mahal karna hanya di perbolehkan dari batas pintu Gate Taj Mahal memiliki 3 buah gedung dengan 2 gedung disisi kiri dan kanan yang sama bentuknya dan yang agak berwarna merah karna memang material bangunannya terbuat dari batu marble yang berwarna merah dan salah satunya kini fungsinya telah berubah menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim dan satunya lagi untuk tempat penyambutan tamu-tamu negar Sedangkan bangunan yang berwarna putih adalah bangunan inti Taj Mahal. Dan didalam taj Mahal inilah tersimpan jasad Mum Taj dan Sang Raja yang sangat di keramatkan. Dan ditempatkan di bagian dalam yang tersembunyi dan tidak untuk di publish. Namun saat kita masuk kedalam Taj Mahal kita hanya bisa melihat replika makam Sang Raja dan Mum Taj dan bisa di perlihatkan bagaiamana perubahan warna batu permata saat terjadi bulan purnama Demikianlah sepenggal cerita tentang Taj Mahal yang saya dengar langsung dari cerita guide remi pemerintah Agra yang membimbing kami selama didalam. Berjarak yang sangat dekat dari Taj Mahal kita bisa menuju Agra Fort yang sangat terkenal namun karna perjalanan tadi pagi cukup melelahkan saya memutuskan untuk beristirahat sejenak karna besok saya sudah harus melanjutkan perjalanan menuju New Delhi.

Ada beberapa oleh-oleh atau souvenir yang terbaik dari dari Agra yang daerahya lebih sedikit bersih dibanding kota Jaipur. Agra terkenal dengan kain sari nya dan keindahannya dibanding dengan kota-kota lainnya. Dan kerajinan tangan batu marble Agra yang serupa dengan Taj Mahal bisa menjadi pilihan yang tepat dan yang asli tentulah mempunyai ciri-ciri saat mati lampu dan terkena cahaya akan berubah warna. PETA adalah manis-manisan buah dari Agra yang sudah sangat terkenal. Bagi yang suka manisan buah-buahan maupun dari kelapa, PETA haruslah di coba Perjalanan dr pukul 00:00 pagi dengan duduk didalam mobil tentunya sangat melelahkan dan berujung saya masuk angin biasanya.  

Seperti biasa saya dari Indonesia selalu tidak pernah lupa membawa 'malaikat pelindung' saya dalam bentuk mungil,kuning dan sachetan. Yup apalagi kalau bukan Tolak Angin, pilihan smart saya. Saat saya rasa badan terasa berat dan agak pusing karna masuk angin saya cukup mencampurkannya dengan air hangat agar badan saya kembali seperti terecharge. Dan jika terlalu berat saya biasanya langsung minum 2 dan hasilnya cepat mengatasi semua kendala sakit yang saya alami karna masuk angin.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA