Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Nov 2018 13:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Serba-serbi Kota Delhi

Asri Vernon
d'travelers
Foto 1 dari 5
Indian Gate pada malam hari
Indian Gate pada malam hari
detikTravel Community - Delhi, India memang mempesona. Beragam agam, beragam budaya, dan beragam destinasi wisata. Sudah ke sini?

Perjalanan terakhir saya dari bagian Golden Triangle City adalah New Delhi yang juga menjadi ibu kota India. Mungkin ada banyak berita dari traveller yang bercerita miring tentang pengalaman berlibur ke India. Di perjalanan kota segitiga emas ini saya mau sedikit bercerita dan memberikan tips kalau kita mau berlibur ke India.

Paling pertama saat mau mendatangi India, pelajari dahulu geografis negara India. Negara ini memiliki wilayah-wilayah daerah yang sangat luas dan sangat jauh satu sama yang lain. Tujuannya agar kita bisa mengatur waktu dan mengetahui kendaraan apa yang mau kita gunakan.

Biasanya transportasi termurah mereka adalah kereta api dan ini adalah kendaraan terfavorit mereka dan yang paling banyak digunakan. Cuma saat ke India ini saya lebih memilih sewa mobil yang saya rasa tidak terlalu mahal untuk bisa mendatangi 3 kota emas dan bisa mengantar saya ketempat-tempat yang saya tuju. Selanjutnya, selama saya berjalan-jalan tanpa mengendarai mobil selama di Old Jaipur yang notabene kotanya lebih seperti pasar dan kotor dan padat, saya tidak pernah mengalami gangguan atau menemukan hal-hal yang buruk.

So far orang-orang India cukup respect dan takut kepada turist. Saya juga kurang paham apa karna saya pria jadi cukup aman saat saya berjalan pd larut malam. Baik Old Jaipur maupun Agra, agak sulit menemukan mini market untuk kita mau beli cemilan atau apapun. Kita akan lebih banyak menemukan toko-toko kain.

Jadi sebaiknya jika mau menuju kemari penuhi lah kebutuhan kalian secukupnya di koper Tentang makanan, memang India terkenal sangat kotor dan jorok dan budaya mereka juga memang percaya pada "karma alam" jadi jangan heran jika mereka melayani kita dengan tangan dan mereka membersihkan jari mereka juga dengan cara menggunakan mulut dan lidah layaknya memakan permen lolipop.

Terlebih jika penjaja makannya berkulit 'keling' tingkat kebersihan makanannya bisa jadi minus. Makanya jika ingin mencoba jajanan street food pilihlah yang menggunakan sarung tangan plastik atau yang memang menurut kalian bersih.

Bahkan hotel berbintang juga menurut saya untuk di India ini belum memiliki standar bersih yang bagus, karna dari pengalaman tempat saya menginap pun saat saya meminta kain pembersih untuk lap mulut mereka memberikan kain lap mulut yang super dekil dan seperti bekas dari orang. Saat menyebrang jalan dibutuhkan kehati-hatian yang super tingkat tinggi karna tranportasi India sangatlah brutal menurut saya.

Polusi suara klakson mobil bukanlah hal yang asing bagi mereka dan sudah menjadi kebiasaan bahkan kita yang menyebrang jalan pun tidak diberi kesempatan untuk menyebrang jalan. Banyaknya hewan liar seperti anjing dan sapi hingga babi yang berkeliaran di jalan-jalan akan menjadi pemandangan biasa di semua tempat di India. Bahkan saya pernah hampir menginjak kotoran anjing saat akan masuk kekoridor MRT di Delhi.

Transportasi murah di Delhi adalah otto atau tuk-tuk, 2 kendaraan yang berbeda namun cukup murah dan cukup aman untuk ditumpangi. Tapi resikonya adalah layaknya di thailand, sering supir-supirnya memaksa kita untuk memasuki tempat-tempat penjual kain pilihan mereka agar mereka dapat komisi. Sebaiknya tolak secara halus atau kasih pilihan kalau tidak kalian turun dan pindah ke yang lain.

Yup demikian sebagian tips dan saran saya sebelum dan setelah kalian akan ke India. Dan perjalanan saya sekarang adalah giliran Delhi. New Delhi yang juga ibu kota India juga memiliki kota lama nya yaitu Old Delhi yang konon daerahnya lebih kotor dan kacau serta macet transportasinya dan pastinya lebih padat. Jika di New Delhi saja menurut saya banyak sampah di mana-mana apalgi Old Delhi. Nyaris sama dengan Jaipur.

Hanya di New Delhi ada lebih banyak Mal yang bagus yang bisa kalian jadikan tempat menyegarkan diri dan itu juga yang saya perbuat setelah beberapa hari ke India saya tidak menemukan peradaban layak nya ibu kota dan pilihan saya adalah Select Citywalk Jika kita berbicara tentang Delhi maka kita akan mengetahui Delhi ternyata sebuah kota yang peradabannya sudah ada sejak dahulu kala.

Makanya Delhi sering dilukiskan sebagai kota yang lebih tua dari sejarah. Ada banyak bangunan-bangunan tua yang masih terlindungi dan ada di sini. Dan satu hal yang perlu diketahui ternyata India juga dikenal dengan negri sejuta agama karena mayoritas agama Hindu yang ada disini memiliki banyak aliran yang berbeda namun mereka tetap hidup rukun satu sama lainnya.

Nah itu yang menjadi cirikhas negara ini untuk saling menghormati kepercayaan masing-masing. Ada salah satu mesjid yang terbesar yang indah di negara ini adalah Red Fort, cuma oleh karena waktu yang kurang saya jadi tidak bisa datang kesini. Salah satu tempat yang cukup terkenal di New Delhi ini yang menjadi ikon nya adalah Indian Gate.

Jika kalian memiliki kamera canggih maka sangat saya sarankan datanglah saat malam hari karna kalian akan mendapatkan hasil foto yang indah. Qutub Minar juga adalah sebuah peninggalan sejarah masuknya kerajaan Islam di India ini. Bangunan berserah yang tinggi ini juga menjadi salah satu tujuan wisata New Delhi.

Madhi Masjil dan masih banyak tempat bersejarah yang bisa di kunjungi saat ke New Delhi. Dan satu hal yang perlu di coba saat ke India dan ada banyak penjualnya dikisaran Indian Gate adalah cemilan Golgappa. Ini wajib kalian coba. Cemilan kue tipis kosong yang di isi denganmirip asam-asaman dan di celupin kekuah asam pedas gitu.

Rasanya unik meski agak aneh menurut saya namun tidak ada salahnya mencobanya bukan? Perjalanan pindah-pindah dari satu tempat ketempat lain tentunya cukup melelahkan apalagi mengharuskan kita duduk berjam-jam dalam mobil membuat badan terasa kaku dan lelah dan bahkan meungkin membuat kita masuk angin.

Tips terbaik yang saya handalkan itu adalah dengan membawa di kantong celana saya 1 sachet Tolak Angin. Khasiatnya sudah sangat saya percaya dapat meningkatkan stamina dan menjaga tubuh saya agar selalu tetap fit. Sachet nya selain mudah dibawa dan juga sangat mudah diselipin baik dikantong celana maupun baju dan khasiatnya dasyat dan maximal hasilnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA