Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Nov 2018 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Kecil di Selat Sunda Ini Bernama Sangiang

A. Maulana Nugraha
d'travelers
Foto 1 dari 5
sanset pantai sepanjang
sanset pantai sepanjang
detikTravel Community - Liburan ke destinasi cantik dekat Jakarta, Pulau Sangiang bisa jadi pilihan. Lautnya yang cantik, cocok untuk melepas penat dari kerjaan. Kuy!

Indonesia merupakan negara yang paling luas kawasannya dibanding dengan negara-negara asia lainnya dan merupakan sebuah negara kepulauan yang indah. Sebagai negara kepulauan, Indonesia banyak menyuguhkan wisata pantai yang sangat menakjubkan contohnya pulau sangiang yang berada di Banten.

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau kecil yang berada diujung barat pulau Jawa. Lebih tepatnya terletak di selat Sunda yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatra, kawasan cagar alam yang diubah fungsinya menjadi taman wisata alam.

Pulau Sangiang memiliki luasan dengan total 728,15 ha, yang terdiri dari 528,15 ha berupa daratan dan 200 ha berupa lautan. Dengan luasan yang cukup besar pulau sangiang pun telah dihuni oleh warga asli Pulau Sangiang yang merupakan warga imigrasi dari kota serang banten, dengan total 40 kepala keluargayang menghuni kurang lebih 20 rumah yang terpancar dibeberapa penjuru pulau.

Pulau Sangiang sendiri secara administrasi masuk wilayah Desa Sikoneng, Kecamatan Anyer, Serang, Banten, yang tidak jauh dari Kecamatan Anyer. Jarak yang dapat di tempuh sekitar 1,5 jam sampai 2 jam perjalanan laut, perjalan ini bisa dilalui dari Pelabuhan Paku Anyer yang tidak jauh dari Kota Cilegon.

Rute menuju pulau sangiang cukup mudah ditempuh, pertama dari kota serang wisatawan bisa menggunakan angkutan umum/ mobil pribadi langsung menuju cilegon, lalu perjalanan diteruskan menuju Kota Anyer dan langsung menuju Pelabuhan Paku Anyer,dilanjutkan dengan menggunakan kapal yang telah tersedia.

Fasilitas di pelabuhan pun sudah lengkap mulai dari toilet umum, area parkir dan tempat ibadah, jadi para wisatawan bisa mepersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan laut dengan jarak tempuh 1,5 jam sampai 2 jam perjalanan.

Tempat wisata di pulau sangiang tergolong dari wisata komplit, karena pulau sangiang tidak hanya menyuguhkan keindahan patai atau laut saja melainkan terdapat spot spot wisata yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi, yang diantaranya Punyak Begal dan Goa Kelalawar.

Setelah menempuh perjalanan dari pelabuhan wisatawan biasanya langsung dibawa ke spot snorkling yang memiliki keindahan biota laut dan arus yang tidak begitu kencang, tapi ini hanya sebuah opsi saja, kalau ingin langsung ke tempat peristirahatan juga bisa, untuk menuju ke dermaga dipulau sangiang aksesnya cukup rumit karna harus melalui jalan laut yang dihapit hutan mangrove dan bisa dilalui oleh satu kapal saja, dan apabila keadaan air laut sedang surut jalur ini pun tidak bisa dilalui oleh perahu.

Setelah sampai di dermaga Pulau Sangiang, wisatawan pun langsung disambut oleh warga asli pulau dan langsung diarahkan ke rumah singgah untuk istirahat dan mempersiapkan diri untuk tracking ke spot lain di Pulau Sangiang. Spot pertama setelah dari dermaga adalah spot Goa kelalawar yang dapat ditempuh dengan tracking selama 15 menit, jalur yang dilalui berupa hutan mangrove serta rute naik turun bukit.

Di gua kelalawar pengunjung hanya diperbolehkan mengambil gambar di bibir goa saja, dikarnakan didalam terdapat beberapa ekor hiu yang sedang menunggu jatuhnya kelalawar yang bergelantung diatas goa, jadi sangat berbahaya apabila memaksa masuk kedalam gua, di lihat dari penghuni gua dan lokasi gua yang berhadapan langsung ke laut lepas, jadi arus air di dalam gua sangat deras.

Dari spot gua tersebut wisatawan harus tracking dengan medan menajak selama kurang lebih 10 menit untuk samapi ke spot kedua yaitu Puncak Begal. Di sini pengunjung bisa mengambil poto yang instagramneble. Kenapa tidak, spot ini kalau dilihat seperti Nusa Penida yang ada di Bali.

Di sini wisatawan mesti hati-hati karena tebing sangat curam dan memiliki ketinggian melebihi 20 meter dari permukaan laut. Setelah dari puncak begal wisatawan pun tracking kembali kurang lebih selama 10 menit untuk menuju pantai sepanjang.

Pantai yang indah dengan pasir putihnya yang lembut serta panorama tebing dan laut yang mengadap langsung ke laut dimana matahari terbenam, sangat mengagumkan, dipantai ini pula biasanya wisatawan sering mendirikan camp untuk tinggal, dari pantai sepanjang ini wisatawan pun dapat kembali ke rumah singgah yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Perjalanan wisata yang komplit ini, dalam satu pulau terdapat beberapa spot yang indah hanya dapat didapatkan di Pulau sangiang, Banten, kota yang tidak jauh dari Ibu kota jakarta. Disetiap perjalan wisata saya harus memiliki partner yang sedia setiap saya butuhkan terutama untuk perjalan jauh yang harus melewati perjalan laut,

Terkadang saya suka merasakan mual, pusing dan perut kembung, biasanya gejala tersebut merupakan tanda tanda dari masuk angin, karna perjalanan yang menghabiskan waktu yang mengakibatkan kecapaian dan kurang tidur.

Untungnya saya kalau berpergian biasanya ditemani oleh Tolak Angin meredakan masuk angin, rasanya yang enak dan praktis untuk deibawa kemana mana, perjalan aman masuk angin pun hilang. Tolak angin minuman herbal untuk mengatasi masuk angin.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED