Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Nov 2018 12:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Aneka Bangunan Instagenik Sarat Sejarah di Moskow

Asri Vernon
d'travelers
Foto 1 dari 5
Cathedral St. basil di malam hari
Cathedral St. basil di malam hari
detikTravel Community - Liburan ke Moskow paling pas untuk foto-foto di bangunan-bangunan bersejarahnya. Selain cantik banget, bangunan-bangunan ini juga bersejarah.

Apa kesan pertama saat kita mendengar kata kota Moskow? Mungkin yang terpikirkan oleh kita adalah Rusia, dimana negara Rusia yang dulunya adalah Uni Soviet sebuah negara yang menganut paham komunis yang tentunya sangat bertentangan dengan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Namun sekalipun kita beda paham bukan berarti kita tidak mengenal Moskow bukan.

Jika saya ditanya apa yang saya bayangkan jika berpikir tentang Moskow, maka bayangan saya adalah sebuah bangunan yang mirip permen lolipop berwarna-warni bagaikan dinegri dongeng. Yup bener banget, bangunan itu adalah St basil. Dan cukup hanya sampai disitu saja saya tahunya dan membayangkannya, selebihnya saya tidak tahu bangunan apa itu sebenarnya.

Namun kini sekarang sudah beda, sejak saya tahu apa itu St Basil jadinya sekarang saya bercerita tentunya apa itu sebenarnya dan apa yang menjadi kelebihan dari bangunan yang menjadi ikon kota Moskow ini. Rusia yang menganut paham komunis ternyata penduduknya bukan berarti tidak percaya kepada Tuhan. Justru ketika saya melancong ke kota Moskow justru saya melihat kenyataan mereka justru taat beragama.

Betapa mereka saling menjaga kerukunan satu sama yang lain. Karna di Moscow ini tidak hanya penduduk asli Rusia saja yang tinggal, di situ juga banyak berkumpul dari bangsa-bangsa lain yang merupakan dari perpecahan Uni Soviet di masa lalu seperti Uzbekistan, Armenia, Kazakstan dan lain-lainnya yang mereka rata-rata beragam muslim sedangkan penduduk Rusia nya menganut kepercayaan kristen ortodoks dan mereka semua hidup rukun satu sama lain

St Basil yang selama ini saya kenal lewat membaca buku dan tayangan media lainnya ternyata adalah salah satu kumpulan dari beberapa gereja ortodok yang dibangun oleh seorang arsitek dimasanya. Bangunan indah mirip bawang ini seperti sebuah bangunan cerita-cerita dongeng dengan aneka warna.

Konon dulu arsitek St Basil yang terletak di kawasan Red Square ini matanya dibutakan agar beliau tidak bisa membangun gedung yang sama indahnya seperti karya agung nya St Basil. Namun sekarang St Basil ini sudah berganti fungsi sebagai museum walau masih ada orang-orang ortodok untuk datang berdoa ketempat ini.

Sedikit bergeser dari St. Basil kita bisa melihat keindahan gereja ortodok tertinggi sedunia yang bernama Cathedral of Christ The Savior. Bangunan berwarna putih dn berkubah emas ini mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri dan terlebih lokasi nya yang sangat indah. Di sinilah presiden Rusia, Lenin sering melakukan ibadah. Jika kita masuk kedalam tempat ibadah ini maka nuansa berwarna emas dan likisan-lukisan dinding yang sangat megah akan terlihat sangat indah dan luar biasa.

Masjid Katedral Moskow, sebuah masjid yang sangat megah yang lengkap dengan kubah emas nya membuat mesjid yang termasuk maesjid tertua di kota Moscow ini menjadi sangat megah dan indah sekali. Masjid ini memiliki gaya arsitek Tatar. Perpaduan warna biru pada dinding-dinding bangunan ini membuat bangunan ini terlihat sangat instagramable sekali terlebih ketika musim gugur. Dan jika berada disini coba untuk merasakan kuliner asli uzbekistan yang ada disisi komplek mesjid megah dan indah ini.

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat ibadah yang indah yang ada dikota Moscow yang bisa kita eksplor dan semuanya memiliki keindahan masing-masing serta keunikan. Dan memang jika kita ke Moskow kita akan lebih banyak menemukan gereja-gereja ortodoks karna memang negara ini lebih banyak yang menganut aliran Ortodok. Jadi saat saya ke Moskow kesan saya tentang negara komunis adalah negara atheis ternyata tidak untuk Moscow yang ternyata mereka taat menjalani iman dan kepercayaan mereka terhadap Yang Maha Esa.

Perjalan yang saya lakukan bersama sahabat saya menuju Moskow ini adalah perjalanan backpacking dan tentunya untuk sebelum kami membuat itenerary terlebih dahulu kami hunting mencari situs online yang terpercaya dan aman untuk kami bisa membeli tiket pesawat yang murah dan hotel backpacker yang murah dan mempunyai rating yang tinggi.

Itu semua akhirnya kami dapatkan melalui aplikasi Tiket.com yang ternyata sangat mudah. Bahkana untuk fitur Hotel nya ada banyak pilihan serta review dari traveler yang bisa kia jadikan sebagai referensi tingkat kelayakan dan yang lebih asiknya banyak program discount dari kartu kredit yang ikut dalam program. Sangat membantu kami dan ternyata hotel kami pun sangat nyaman dan murah. Begitu juga dengan tiket pesawat. Tiket.com memang solusi terbaik untuk berlibur.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA