Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Nov 2018 15:23 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Weekend di Sekitar Jakarta, Bisa Main ke Pulau Ini

Foto 1 dari 5
Pemandangan laut dari dermaga Pulau Harapan
Pemandangan laut dari dermaga Pulau Harapan
detikTravel Community - Menghabiskan akhir pekan di Jakarta, Kepulauan Seribu bisa jadi pilihan destinasi. Pulau-pulau di sana begitu indah daratan maupun bawah lautnya.

Jangan dikira hidup di ibu kota hanya berkutat pada kehidupan perkotaan yang sibuk dan padat setiap harinya. Traveler dan warga ibu kota bisa juga menikmati keindahan pemandangan birunya laut dan merasakan lembutnya belaian pasir putih dari pantai. DKI Jakarta memiliki Kepulauan Seribu yang tak kalah cantik dengan wisata pantai dan pulau di wilayah lain di Indonesia.

Dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari harga Rp 80.000, tergantung paket wisata yang dipilih, traveler dapat sejenak melupakan rutinitas yang mungkin sering kali membuat penat. Gugusan pulau-pulau kecil di utara Jakarta, ternyata memiliki pesonanya masing-masing.

Mulai dari wisata bahari hingga wisata sejarah. Tergantung pilihan traveler. Tujuan kali ini adalah berwisata ke Pulau Harapan yang menawan.

Yaa, menawan! Menawan dipilih untuk menggambarkan Pulau Harapan dan sekitarnya. Tidak disangka, jika di sekitar hiruk-pikuk kota metropolitan ini, terdapat pulau beserta laut biru kehijauannya yang begitu indah.

Tak perlu jauh-jauh hari untuk mempersiapkan perjalanan kali ini. Cukup dengan biaya Rp 300.000 per orang, traveler dapat berwisata ke Kepulauan Seribu dengan menggunakan jasa agen perjalanan. Harga yang cukup murah untuk paket wisata selama dua hari semalam.

Tips sebelum berangkat, persiapkan segala keperluan pribadi, karena agen perjalanan hanya akan memberikan fasilitas akomodasi, tidak termasuk kebutuhan pribadi. Jika ada obat-obatan yang perlu dibawa, jangan sampai tertinggal, seperti Tolak Angin misalnya. Salah satu yang wajib dibawa saat dalam perjalanan.

Khususnya kali ini yang memerlukan perjalanan laut. Terombang-ambing di tengah laut dengan anginnya yang cukup kencang, memungkinkan terserang masuk angin dengan mudah. Persiapkan Tolak Angin untuk mengatasi masuk angin. Tapi lebih baik dicegah ya, jadi Tolak Angin dapat diminum sebelum melakukan perjalanan.

Berangkat dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara menggunakan kapal penumpang. Deretan kapal penumpang telah berjejer di bibir dermaga menunggu para penumpang dan waktu keberangkatan. Masing-masing kapal memiliki tujuan yang berbeda.

Ada Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan pulau-pulau lain, termasuk salah satu pulau terjauh adalah tujuan kali ini, Pulau Harapan. Bersama dengan sembilan teman dan beberapa rombongan dari agen perjalanan lain, serta beberapa warga lokal, kapal berangkat sekitar pukul 09.00 WIB, terlambat sekitar dua jam dari jadwal seharusnya. Hujan lebat dan angin kencang menjadi penyebab kapal tak bisa berangkat tepat waktu.

Perjalanan menyeberangi laut utara Jakarta menuju Pulau Harapan memakan waktu sekitar tiga jam. Sebelum kapal bersandar, sesekali traveler dapat menengok keluar untuk melihat pemandangan sekitar yang begitu menawan.

Traveler akan disajikan pemandangan lautnya yang biru, bahkan di beberapa sisi terlihat gradasi biru kehijauan yang cantik dan jernih. Indah! Untuk pertama kalinya menjamah wilayah Kepulauan Seribu, siapa yang akan menyangka jika Jakarta ternyata memiliki laut yang begitu Indah? Sangat memesona! Pengalaman seperti ini tidak seperti tengah berada di sekitar Jakarta.

Sesampainya kapal di bibir dermaga Pulau Harapan, waktu sudah memasuki waktu makan siang. Di rumah tempat menginap juga sudah tersedia menu prasmanan untuk 10 porsi dengan lauk ikan bakar dan sejumlah menu pendamping. Cukup membuat perut semakin keroncongan.

Perjalanan pertama setelah makan siang dimulai! Agenda untuk hari pertama adalah snorkeling dan island hopping. Jangan khawatir, jika traveler tidak pandai berenang, akan ada life jacket yang sangat membantu, begitu juga dengan sang pemandu.

Perairan yang menjadi lokasi snorkeling tidak terlalu dalam, sehingga traveler dapat melihat pemandangan bawah laut yang lengkap dengan terumbu karang dengan jelas. Ikan-ikan akan berdatangan menyambut.

Puas melihat pemandangan bawah laut dan snorkeling, saatnya beralih ke agenda selanjutnya: island hopping. Sejumlah pulau kecil dengan pantai pasir putih yang indah mengelilingi Pulau Harapan. Di antaranya adalah Pulau Bira yang menjadi tujuan island hopping pada perjalanan hari pertama.

Hamparan pasir putih berhias karang-karang kecil di tepiannya menyambut traveler. Deburan ombak yang landai membuat Pulau Bira cukup dapat dinikmati untuk sekadar bermain pasir, menyusuri pantai, dan tidak lupa, berfoto, karena banyak spot-spot foto yang menarik dan indah yang tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja.

Senja yang menjemput, pertanda harus kembali ke Pulau Harapan. Perjalanan di tengah laut dengan pemandangan menjelang matahari terbenam adalah sebuah anugerah. Sinar matahari yang memantul di atas air laut, dan pendaran cahaya di antara awan tipis membuat paduan warna cantik di atas laut. Pemandangan menjelang matahari terbenam di atas laut, tentunya sangat memanjakan mata.

Perahu menepi, dan baju basah yang menempel di badan semakin terasa dingin terkena terpaan angin di tepi laut. Sesegera mungkin harus membilas badan dan berganti baju. Tolak Angin akan membantu mengatasi masuk angin di saat seperti ini. Ampuh untuk mencegah masuk angin saat tengah berwisata.

Selalu sedia Tolak Angin, karena agenda malam masih berlanjut: makan malam dan BBQ. Lelah yang menyenangkan membuat tidur lebih nyenyak, sehingga bangun pagi terasa lebih segar. Agenda hari kedua berlanjut setelah sarapan pagi dengan menu nasi goreng. Dan satu yang tidak ketinggalan, Tolak Angin, agar terhindar dari masuk angin.

Perjalanan island hopping sekitar Pulau Harapan dimulai. Destinasi kali ini tidak terlalu jauh dari Pulau Harapan, mengingat sisa waktu hari kedua yang hanya setengah hari. Tujuan kali ini adalah ke Pulau Perak.

Pulau Perak juga memiliki pemandangan yang cantik. Kombinasi dan Gradasi warna pantai ke arah laut bisa membuat traveler jatuh cinta. Di pulau ini juga terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto, termasuk beberapa spot ayunan yang sengaja dipasang di pinggir pantai.

Sayangnya panggilan pemandu wisata lokal dari arah dermaga memaksa kami menyudahi kunjungan ke Pulau Perak nan cantik ini. Saatnya bersiap kembali ke realita ibu kota.

Meski hanya dua hari satu malam, namun berwisata untuk menghilangkan penat merupakan hal yang perlu untuk dilakukan. Setidaknya traveler dapat melepas sedikit kejenuhan akibat rutinitas sehari-hari. Terutama bagi warga Jakarta yang memang dihadapkan dengan padatnya aktivitas harian. Dan tidak ada salahnya untuk lebih mengenal dan mengeksplor pesona wisata Indonesia, karena Indonesia itu indah.

Namun untuk berlibur ke Kepulauan Seribu ini, traveler tidak disarankan untuk pergi sendiri tanpa agen perjalanan, karena mungkin akan lebih sulit untuk mengatur akomodasi setibanya di lokasi. Saat ini sudah banyak agen perjalanan yang menawarkan jasa untuk paket wisata ke Kepulauan Seribu, tinggal pilih saja sesuai keinginan, kebutuhan dan tentunya kantong traveler.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED