Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Nov 2018 09:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Thean Hou Temple, Tempat Kamu Bertemu Dewa Pernikahan dan Cinta

Foto 1 dari 5
Thean Hou Temple, bangunan ibadah untuk menyembah dewa dalam dalam kepercayaan China
Thean Hou Temple, bangunan ibadah untuk menyembah dewa dalam dalam kepercayaan China
detikTravel Community - Kuala Lumpur punya banyak tempat menarik untuk didatangi. Kamu yang mau bertemu Dewa Pernikahan dan Cinta bisa datang ke sini. Klentengnya juga cantik!

Kali ini saya ada waktu sebentar melancong ke negeri tetangga, Malaysia. Malaysia termasuk negara dengan penduduk mayoritas muslim, tapi pengaruh budaya China, India, banyak terlihat. Dan kali ini saya ingin berkunjung ke salah satu Temple besar yang ada di Kuala Lumpur.

Thean Hou Temple, bangunan yang digunakan untuk menyembah Dewi Laut Mazu dalam mitologi China. Bangunan ini memiliki arsitektur yang cantik sehingga sering menjadi objek gambar bagi para mahasiswa arsitek. Dan kebetulan pada saat saya kesana, ada banyak mahasiswa arsitek yang sedang menggambar bangunan temple ini dari berbagai sudut.

Pada bagian lantai dasar, disediakan ruangan yang bisa di sewa untuk mengadakan upacara pernikahan. Pada saat saya berkunjung kesana, ada pasangan yang akan merayakan resepsi diruangan bawah tersebut, sementara ada juga beberapa pasangan yang datang untuk berdoa didepan patung Dewa Yue Lao, Dewa Pernikahan dan Cinta, yang terdapat di halaman Temple.

Bangunan utama temple ini terletak di lantai 3. Di lantai ini pun terdapat halaman yang luas dengan koridor di sekeliling. Di sinilah terdapat Ruang Doa. Di dalam Ruang Doa, terdapat patung besar 3 dewa, Dewi Guan Yin, Tian Hou dan Shui Wei Sheng Niang. Sebelum masuk Ruang Doa, para pengunjung biasanya menyalakan dupa dan meletakkan ditempat yang disediakan.

Terletak di puncak area Robson Height, Thean Hou Temple bisa dan tidak sulit untuk didatangi. Jika menggunakan Monorail, turun di Stasiun Tun Sambathan, menyebrang jalan Syed Putra, dan kemudian berjalan sedikit menanjak ke Robson Height. Atau jika menggunakan angkutan online, dari KL Sentral hanya memakan biaya 6-7 RM.

Dan kebetulan pada saat saya kesana, saya bertemu dengan rombongan sesama orang Indonesia. Kesempatan nih, kita photo bareng sambil tunjukin Tolak Angin sachet yang jadi andalan saya untuk mengatasi masuk angin kalau lagi traveling. Jangan sampai perjalanan kita terganggu karna badan kurang fit.

Untuk masuk ke Thean Hou temple ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk para traveler dengan anggaran terbatas tapi bisa tetap dapat foto yang instagrammable.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED