Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Nov 2018 14:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jejak Sejarah Perdagangan Opium di Golden Triangle

Novi Kusumayanti
d'travelers
Foto 2 dari 5
Golden Triangle
Golden Triangle
detikTravel Community -

Perlu nih kamu ketahui fakta tentang Golden Triangle di Thailand. Dulunya tempat ini jalur perdagangan opium lho. Seperti apa ya sekarang?

Dahulu Golden Triangle di Thailand Utara sangat terkenal karena penghasil opium dan jalur perdagangan serta distribusi opium untuk ke Asia Tenggara namun sekarang tempat tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di Chiang Rai.

Dahulu Golden Triangle di Thailand Utara sangat terkenal karena penghasil opium dan jalur perdagangan serta distribusi opium untuk ke Asia Tenggara namun sekarang tempat tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di Chiang Rai.

Eksplor Chiang Rai kali ini menuju ke Golden Triangle di wilayah Chiang Saen. Dari terminal bus di Chiang Rai menggunakan bus menuju Chiang Saen dilanjutkan dengan menggunakan songthaew; sejenis angkutan umum dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit.

Dinamakan Golden Triangle karena konon daerah ini berbentuk segitiga yang terdiri dari tiga negara yaitu Thailand, Myanmar dan Laos yang dipisahkan oleh sungai Mekhong (Mae Khong) yang sangat luas. Dahulu daerah-daerah di Golden Triangle merupakan penghasil opium dan sungai Mekong digunakan sebagai jalur perdagangan serta jalur distribusi opium yang sangat terkenal untuk masuk ke Asia Tenggara.

Namun Golden Triangle sebagai penghasil dan jalur perdagangan opium hanya tinggal kenangan dan sekarang menjadi objek wisata. Jadi jangan bayangkan akan melihat ladang opium yang luas di tempat ini apalagi berharap untuk bertemu dengan pedagang opium.

Dari tempat ini wisatawan dapat menyewa perahu motor untuk menyusuri sungai Mekhong. Bahkan wisatawan dapat singgah sejenak di Don Sao, pulau kecil yang termasuk dalam wilayah negara Laos. Sepanjang mata memandang terlihat hamparan air sungai yang berwarna cokelat. Sebaiknya datang kesini saat masih pagi, karena semakin siang semakin panas terik dan wistawan yang datang pun bertambah banyak.

Di Golden Triangle juga terdapat patung Buddha raksasa sedang duduk di atas perahu. Selain itu tidak jauh dari lokasi Golden Triangle juga terdapat museum mengenai sejarah peredaran opium termasuk dampak dari pemakaian opium.

Jika tanpa berkeliling sungai Mekhong dengan perahu motor, rasanya mengunjungi Golden Triangle cukup hanya meluangkan waktu selama satu sampai dua jam. Namun perjalanan dari Chiang Rai menuju Golden Triangle dengan kendaraan umum cukup memakan waktu yaitu kurang lebih 2 jam untuk sekali jalan. Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Golden Triangle namun untuk berkeliling sungai Mekhong dengan perahu motor tentunya ada biaya sewa.

Saya tidak melihat restoran di sepanjang Golden Triangle hanya kedai-kedai kecil yang menjual makanan ala kadarnya. Namun kios pedagang suvenir sangat banyak. Jadi sebaiknya persiapkan bekal makanan dan minuman jika ingin berkunjung ke Golden Triangle. Dengan perjalanan yang cukup lama dan belum tentu menemukan makanan yang sesuai dapat mengakibatkan badan rentan masuk angin. Untuk mengatasi masuk angin, kemanapun saya berpergian selalu membawa Tolak Angin untuk dikonsumsi sedikitnya satu kali sehari.

Liburan sehat tanpa masuk angin dan kembali ke rumah dengan segar.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA