Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Jan 2019 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

6 Destinasi yang Wajib Didatangi di Jaipur, India

Arie Budi Prasetyo
d'travelers
Foto 1 dari 4
Sunrise di Jal Mahal
Sunrise di Jal Mahal
detikTravel Community -

Jaipur di Rajashtan, India dikenal julukannya oleh wisatawan sebagai Pink City. Ini dia aneka destinasi yang wajib dikunjungi di sana.

1. Jal Mahal

Jal Mahal adalah sebuah istana yang berada di tengah perairan danau buatan kota Jaipur, India. Biasanya istana berada di tanah lapang yang luas dan kering, namun tidak dengan Jal Mahal. Istana ini dibangun pada abad ke-18 oleh Maharaja Madho Singh sebagai tempat singgah saat keluarga kerajaan pergi berburu.

Saya dan teman-teman berkunjung ke Jal Mahal pada pagi hari karena kami ingin melihat keindahan matahari terbit di balik istana tersebut. Kami berangkat dari hostel pada pukul 05.00 pagi. Jarak dari hostel ke Jal Mahal tidak terlalu jauh sehingga kami bisa berjalan kaki menuju kesana.

Sesampainya di Jal Mahal, sudah banyak wisatawan yang mengambil spot untuk mengabadikan momen matahari terbit. Sungguh indah pemandangan pada pagi itu. Saya sangat takjub melihat keindahan Jal Mahal serta biasan sinar matahari yang berkilauan di danau.

Selain keindahan Jal Mahal, para wisatawan juga bisa melihat gerombolan burung-burung yang sedang menikmati makanan yang diberikan oleh warga lokal. Kalian bisa berfoto dengan burung-burung tersebut. Untuk berwisata ke Jal Mahal, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Namun kalian tidak bisa masuk ke dalam istana tersebut.

2. Hawa Mahal

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika travelling ke Jaipur adalah Hawa Mahal. Bangunan ini merupakan istana yang menjadikan landmark dari Kota Jaipur. Istana ini dibangun pada tahun 1799 atas perintah Maharaja Sawai Pratap Singh sebagai tempat peristirahatan keluarga Raja.

Hawa Mahal sendiri memiliki arti Istana Angin. Hal ini dikarenakan angin yang bisa berhembus bebas ketika jendela-jendela bangunan ini dibuka. Untuk para wisatawan yang travelling ke Jaipur, kalian bisa membeli oleh-oleh di pasar yang ada di dekat Hawa Mahal. Harga yang ditawarkan lumayan murah, yang penting kalian harus pandai-pandai menawar.

3. City Palace

City Palace terletak berdekatan dengan Hawa Mahal. Istana ini dibangun antara tahun 1729-1732 oleh Sawai Jai Singh II dengan memadukan arsitektur Eropa, Mughal dan Rajput. Untuk masuk ke dalam City Palace, para wisatawan harus membayar INR 500 atau sekitar Rp 100.000,00. Tempat ini dibuka dari jam 09.00 pagi sampai jam 17.00 sore.

Memasuki gerbang City Palace, para wisatawan akan disambut dengan pertunjukan tarian dan nyanyian khas India. Kalian bisa memberikan sedikit rupee jika kalian suka dengan pertunjukan yang mereka buat.

Di dalam istana terdapat beberapa bangunan yaitu Mubarak Mahal, Pritam Niwas Chowk, Chandra Mahal, Diwan I Khas, Diwan i Aam, Baaghi Khana dan Maharani Palace. Chandra Mahal masih digunakan oleh keluarga raja sebagai tempat tinggal, sehingga pengunjung dilarang masuk. Namun ada satu bagian yang terbuka untuk umum yaitu lantai dasar Chandra Mahal bagian barat. Di bagian ini terdapat koleksi keluarga raja seperti foto-foto lama, lukisan dan beberapa cermin.

Pritam Niwas Chowk terkenal dengan gerbang 4 musimnya, yaitu Gerbang Lotus (Musim Panas), Gerbang Hijau (Musim Semi), Gerbang Mawar (Musim dingin) dan Gerbang Burung Merak (Musim Gugur). Daya tarik utama lainnya yang harus dikunjungi adalah Diwan I-Khas yang terletak di halaman Mubarak Mahal. Untuk mengetahui lebih banyak sejarah tentang City Palace, kalian bisa menyewa tour guide yang berada di samping tiket masuk. Mereka akan mengantarkan kalian keliling City Palace sambil menceritakan sejarah bangunan tersebut. Untuk harga, kalian bisa tawar menawar di sana.

4. Amer Fort

Amer Fort atau Amer Palace adalah benteng sekaligus istana yang memiliki bentuk seperti tembok raksasa yang ada di China. Benteng dan istana ini dibangun oleh Raja Man Singh I dan Raja Rajput Maharajas yang berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga Raja. Saya dan teman-teman datang kesini pada pagi hari, karena kami ingin mendapatkan momen matahari terbit di Amer Fort. Untuk masuk kedalam Amer Fort, para wisatawan akan dikenakan biaya tiket sebesar 200 rupee. Kalian bisa mencapai pintu gerbang dengan berjalan kaki, mengendarai jeep atau dengan naik Gajah.

5. Jaigarh Fort

Jaigarh Fort terletak 15 km dari pusat Kota Jaipur. Benteng ini dibangun oleh Sawai Jai Singh II pada tahun 1726 yang berfungsi sebagai pelindung dari Amer Fort. Sehingga Jaigarh Fort dikenal sebagai Victory Fort atau benteng terkuat di Jaipur.

Daya tarik utama dari benteng ini adalah Jaivana CannonÂyang merupakan meriam terbesar pada saat itu. Meriam ini memiliki berat 50 ton dan diameter 11 inci. Meriam ini bisa berputar hingga 360 derajat sehingga memungkinkan untuk melakukan tembakan ke segala arah.

Selain terkenal dengan meriamnya, Jaigarh fort juga memiliki taman indah bernama Aaram Bagh. Dari sini, kalian akan disuguhkan pemandangan sekeliling yang sangat menawan. Kalian bisa melihat Sagar Lake dan juga replika tembok China milik Amer Fort. Untuk tiket masuk, kalian dikenakan biaya 100 rupee atau 20 ribu rupiah.

6. Nahargarh Fort

Jika Jal Mahal dikenal dengan spot sunrisenya, maka berbeda dengan Nahargarh Fort. Tempat ini dikenal dengan spot sunset terbaik di Jaipur. Saya dan teman-teman sampai di Nahargarh Fort pada jam 17.00 sore. Namun kami tidak bisa masuk ke dalam area benteng karena benteng tersebut sudah tutup. Nahargarh Fort buka dari jam 10.00 pagi sampai 17.00 sore. Padahal berdasarkan referensi yang kami peroleh, benteng ini tutup pada jam 18.00 malam. Namun kenyataannya berbeda.

Sehingga kami akhirnya berpindah ke Padao Restaurant, yang letaknya berdekatan dengan Nahargarh Fort. Dari sini, kami masih bisa melihat sunset dengan pemandangan kota Jaipur yang begitu indah. Anyway, untuk melihat sunset dari restaurant ini, kalian harus membayar 100 Rupee atau sekitar 20 ribu rupiah. Nantinya kalian akan mendapatkan welcome drink berupa Chai Tea atau air mineral. Kalian bisa memilih salah satu di antara minuman tersebut.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA