Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Nov 2018 10:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keindahan Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung

Lidya Hidayati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Langit yang membentang luas, Danau Toba dan pulau-pulau di sekitarnya, serta hijaunya pepohonan menjadi pemandangan alam yang ditawarkan Bukit Simarjarunjung
Langit yang membentang luas, Danau Toba dan pulau-pulau di sekitarnya, serta hijaunya pepohonan menjadi pemandangan alam yang ditawarkan Bukit Simarjarunjung
detikTravel Community - Bukit Simarjarunjung menjadi spot yang tepat buat menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Bukit ini berlokasi di Kabupaten Simalungun.

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu daya tarik sebuah tempat wisata, selain pemandangan dan nilai historinya, adalah spot-spot foto cantik yang ditawarkan. Di zaman sekarang, keberadaan spot foto cantik menjadi salah satu magnet seseorang mengunjungi suatu tempat wisata.

Hal itu pula yang terjadi pada Bukit Indah Simarjarunjung (BIS). Objek wisata di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tersebut menjadi salah satu tempat liburan yang tengah naik daun selama dua tahun terakhir karena disediakannya spot-spot foto indah dan instagramable.

Pada dasarnya, Bukit Simarjarunjung memang sudah cantik dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Dari bukit yang merupakan bagian dari gugusan pegunungan Bukit Barisan ini, pengunjung bisa melihat keindahan Danau Toba dari atas.

Dari atas Bukit Simarjarunjung, pandangan wisatawan tidak akan terhalang oleh apa pun. Sudut pandang yang luas dan tak terhalang apapun membuat wisatawan bisa melihat objek-objek mulai dari yang cukup dekat hingga jauh sekalipun, termasuk tower stasiun transmisi milik TV pemerintah.

Selain itu, di atas puncak Simarjarunjung, wisatawan akan bisa melihat langsung Pulau Tao, Pulau Samosir yang indah, Desa Tigaras, dan bahkan Parapat yang jauh. Dari satu spot saja, kita bisa menikmati begitu banyak tempat dan keindahan yang mengelilingi Danau Toba.

Dan semua itu sudah dapat dinikmati di Bukit Simarjarunjung sejak dulu, tidak hanya baru-baru ini ketika tempat tersebut terkenal.

Saya berkesempatan berkunjung ke Bukit Simarjarunjung ketika objek wisata ini belum begitu dikenal. Saya bahkan ke sana sebelum dibangun spot-spot foto cantik yang sekarang bisa dengan mudah dilihat di Instagram ataupun Twitter.

Pada quarter pertama 2016, saya pergi ke Bukit Simarjarunjung. Sama seperti sekarang, jalanan menuju Bukit Simarjarunjung kala itu sudah bagus dan tidak berlubang-lubang. Hanya saja, tak banyak transportasi umum yang bisa mengantar wisatawan ke sana. Pilihan terbaik adalah menggunakan mobil pribadi atau bus pariwisata.

Saya pribadi waktu itu pergi ke Bukit Simarjarunjung menggunakan bus. Maklum, saya berkunjung ke sana bersama rombongan, sehingga membutuhkan transportasi cukup besar.

Saya dan rombongan pergi ke Bukit Simarjarunjung dari Parapat. Layaknya perjalanan ke daerah pegunungan, jalanan ke Bukit Simarjarunjung pun berkelok-kelok. Butuh waktu kurang lebih satu jam perjalanan darat menggunakan bus untuk tiba di Bukit Simarjarunjung. Tapi, lamanya perjalanan itu tak terasa karena sepanjang jalan saya dapat melihat pemandangan alam yang indah dan Danau Toba yang sesekali terlihat.

Padang rumput hijau dan pohon pinus langsung menyambut saya saat tiba di Bukit Simarjarunjung. Angin yang saat itu berhembus cukup kencang membuat panasnya terik matahari tak terlalu membakar kulit.

Saat berdiri di atas bukit, sepanjang mata memandang, hanya terlihat Danau Toba, pulau-pulau di sekitarnya, dan langit yang membentang luas. Melihat birunya langit, Danau Toba yang luas, dan hijaunya pepohonan membuat saya menyadari betapa indahnya alam Indonesia.

Setelah begitu terbiasa dengan hiruk pikuk kota, apa yang saya lihat dan rasakan di Bukit Simarjarunjung kala itu benar-benar terasa menyegarkan pikiran. Karena Bukit Simarjarunjung saat itu belum terkenal, jadi tidak banyak orang di sana.

Pemandangan alam yang indah, angin yang segar, dan lingkungan yang sepi serta tenang membuat kunjungan ke Bukit Simarjarunjung kala itu menjadi momen liburan yang benar-benar menyegarkan dan menyenangkan.

Saran saya untuk yang ingin berkunjung ke Bukit Simarjarunjung, pastikan memakai baju hangat dan membawa jaket. Dan tentunya sedia Tolak Angin yang ampuh dalam mengatasi masuk angin, karena kencangnya angin yang berhembus di atas bukit berpotensi membuat masuk angin. Kemasan Tolak Angin dalam bentuk saset membuat obat herbal dari Sido Muncul tersebut praktis untuk dibawa selama perjalanan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED