Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Jan 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Meriahnya Perayaan Holi di Jaipur, India

Arie Budi Prasetyo
d'travelers
Foto 1 dari 4
Perayaan Holi Festival di Jaipur, India
Perayaan Holi Festival di Jaipur, India
detikTravel Community -

Holi festival awal musim semi yang dirayakan di negara-negara yang memiliki penduduk beragama Hindu. Seperti ini kemeriahannya di Jaipur.

Pada dasarnya Holi digelar untuk merayakan warna musim semi. Masing - masing warna pada serbuk memiliki arti yang berbeda-beda. Warna merah melambangkan kehidupan, festival dan pernikahan. Warna kuning untuk kemakmuran dan perdagangan. Warna hijau melambangkan alam, kesuburan dan kebahagiaan. Sedangkan biru atau warna kulit Dewa Krisna mempunyai arti perdamaian, cinta dan surga.

Setiap kota di India mempunyai cara sendiri untuk memperingati Holi Festival. Kota yang paling terkenal adalah Mathura dengan perayaan tradisionalnya. Tahun 2018 lalu perayaan Holi diselenggarakan pada tanggal 1 dan 2 Maret 2018. Saya berkesempatan mengikuti Holi Festival di Jaipur, India.

Saya mengikuti perayaan Holi Festival yang diselenggarakan oleh beberapa hostel di Jaipur bersama beberapa teman dari Indonesia. Saat itu para peserta diwajibkan memakai dresscode berwarna putih serta membayar 600 Rupee atau sekitar 120ribu rupiah untuk mengikuti rangkaian Holi Festival.

Hari yang dinanti-nanti pun tiba. Seluruh peserta yang mengikuti Holi Festival akan dijemput oleh bus yang disediakan oleh pihak hostel menuju tempat diselenggarakannya acara. Di sini saya bertemu dengan banyak wisatawan asing maupun warga lokal yang antusias mengikuti festival ini.

 

Sesampainya di lokasi, para peserta disambut dengan lemparan serbuk warna warni oleh pihak panitia. Saya dan para peserta yang lain bergegas mengambil serbuk warna - warni yang telah disediakan dan langsung memulai "peperangan". Acara Holi Festival saat itu berlangsung sangat meriah.

 

Lantunan musik khas India serta iringan dari DJ pun menambah kemeriahan acara. Tidak ada perbedaan antara warga lokal maupun turis asing. Semuanya menyatu dalam kemeriahan Holi Festival. Pihak panitia juga menyediakan makanan maupun minuman untuk para peserta. Dan itu sudah termasuk ke dalam harga tiket yang telah kita beli. Jadi jangan khawatir jika kalian kelaparan atau kehausan di tengah-tengah acara.

 

Anyway untuk teman-teman yang akan mengikuti Holi Festival, sebaiknya kalian sudah mempersiapkan tempat yang aman untuk gadget atau barang berharga kalian. Jangan sampai barang-barang berharga kalian rusak atau hilang di saat festival.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA