Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Jan 2019 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Istana Air yang Indah di Bali

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 4
Balai Gili yang berarsitektur Belanda dengan kolam besar di depannya
Balai Gili yang berarsitektur Belanda dengan kolam besar di depannya
detikTravel Community - Kalau liburan di Karangasem, Bali, sempatkan wisata ke Taman Soekasada Ujung. Istana air ini begitu indah dipandang mata.

Selain keindahan alam dan keelokan pura yang ada, Pulau Bali juga memiliki bangunan bekas istana yang indah dan tetap terawat sampai sekarang, Taman Soekasada Ujung namanya. Lokasi wisata ini terletak di Desa Ujung, Jl Raya Taman, Tumbu Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem, Bali.

Setelah membeli tiket seharga Rp 15.000 per orang, kami masuk ke taman melalui jembatan dengan bunga bougenville yang menjulur di atasnya dan sampailah kami di depan sebuah kolam besar dengan bangunan putih besar di seberang kolam. Pepohonan nampak di seluruh penjuru taman dan menjadikan tempat ini terasa sejuk, terlebih dengan keberadaan kolam di beberapa tempat.

Taman yang sering disebut dengan water palace ini dibangun pada tahun 1909 di bawah pemerintahan Raja Karangasem yang terakhir bertahta. Dengan luas sekitar 10 ha, taman ini memiliki beberapa bagian yang menarik untuk disusuri.

Siapa sangka pada tahun 1963 taman ini pernah hancur akibat letusan Gunung Agung, dan sekitar tahun 2000 pemerintah merenovasi taman dan bangunan semirip mungkin dengan aslinya, hingga mulai tahun 2003 taman ini kembali dibuka untuk umum.

Bagian-bagian dari taman ini adalah Balai Gili berupa bangunan putih yang langsung nampak saat kita memasuki taman. Untuk masuk ke Balai Gili terdapat jembatan penghubung di bagian depan dan belakang. Balai ini digunakan untuk beristirahat keluarga raja.

Bangunan lain adalah Balai Kapal yang berfungsi sebagai tempat mengamati kapal yang melewati Selat Lombok, karena terletak di dekat pantai pemandangan laut terlihat jelas dari Balai Kapal. Di tempat ini juga terdapat Balai Bundar yang dahulu sering dijadikan tempat bersemedi raja, sedang saat ini Balai Bundar kerap dijadikan lokasi berlatih yoga.

Selain beberapa bangunan yang telah disebutkan di atas juga terdapat bangunan lain seperti Pura Manikan, Balai Kambang, Balai Lunjuk, Balai warak dan kolam air mancur yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Taman Soekasada ini cukup luas sehingga untuk berkeliling diperlukan waktu dan tenaga karena ada bagian yang berada di tempat tinggi. Cukup melelahkan memang namun ketika sampai di ketinggian dan melihat panorama sekitar pengunjung akan berdecak kagum karena keindahannya. Taman yang hijau dengan bangunan megah sementara di kejauhan laut yang biru menyempurnakan pemandangan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED