Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Jan 2019 14:03 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bersepeda di Tembok Pertahanan Militer Terbesar Dunia

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sepeda seperti ini yang bisa kita pinjam di Xian City wall
Sepeda seperti ini yang bisa kita pinjam di Xian City wall
detikTravel Community - China tak cuma punya Great Wall tapi juga Xian City Wall. Jadi tembok pertahanan militer, wisatawan bisa berkeliling dengan sepeda.

Xian City Wall merupakan tembok kota paling komplit di Tiongkok, yang juga menjadi salah satu sistem pertahanan militer terbesar di dunia. Karena itu, gatenya pun ada di berbagai bagian, ada West Gate, East Gate, North Gate, dan South Gate.

Namun yang menjadi favorit adalah South Gate karena memiliki dekorasi yang paling indah di antara gate lainnya. Harga tiket masuk City Wall adalah 54 yuan.

Pada umumnya semua gate buka jam 08.00 waktu setempat, hanya saja jam tutupnya berbeda untuk tiap-tiap gate. Yang paling malam tutupnya adalah South Gate yaitu pukul 22.00 waktu setempat.

Berhubung Xian City Wall ini merupakan tembok yang mengelilingi kota Xian, jadi terus terang saya tidak kuat kalau berjalan kaki untuk mengelilingi tembok ini.

Bayangkan saja, total panjangnya 13,7 km. Tapi untungnya kita bisa menyewa sepeda untuk keliling. Untuk meminjam 2 jam, kita hanya perlu membayar 45 yuan, tapi kita harus membayar deposit 200 yuan yang nanti akan dikembalikan ketika kita mengembalikan sepeda.

Wajar saja,mungkin takut terjadi sesuatu dengan sepedanya.
Untuk sepeda, kita bisa memilih sepeda single atau tandem. Untuk sepeda tandem harganya menjadi 90 yuan.

Sepedanya bukan sepeda yang sangat bagus, tapi cukup untuk dipakai berkeliling. Normalnya, untuk keliling tembok ini butuh waktu 1,5-2 jam.

Jadilah saya dan keluarga berkeliling naik sepeda. Cuaca saat itu untungnya tidak panas. Jadi walaupun lumayan capek, masih ok.

Selama mengelilingi tembok ini, pastinya banyak berhentinya. Capek. Rasanya jauh sekali untuk mencapai tiap ujung temboknya. Sambil keliling naik sepeda, kita bisa melihat pemandangan kota dan berhenti jika ada yang menarik dan mau foto-foto.

Jalanan di tembok yang berupa paving block ini tidak selalu mulus, kadang ada yang bikin pantat sakit karena bergelombang. Tapi tidak masalah.

Di beberapa spot, kita juga bisa menemukan spot menarik untuk foto-foto, diantaranya di tiap sudut tembok dimana terdapat menara.

Akhirnya setelah 1,5 jam, kami berhasil mengelilingi Xian City Wall full. Sepeda kami kembalikan untuk bisa mendapatkan deposit uang tadi.

Untuk kesini gampang kok. Tinggal buka aplikasi tiket.com, pilih booking pesawat, tentukan tanggal berapa kita pergi dan pulang, booking deh.

Pembayarannya juga bisa dilakukan dengan berbagai pilihan, mulai dari transfer, atm atau dengan kartu kredit. Mudah kan. Tunggu apalagi, ayo wujudkan impianmu dengan tiket.com!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Jebakan di Jalur Sepeda

Minggu, 26 Mei 2019 08:55 WIB

Jalur sepeda di pedestrian adalah hal yang positif seperti di Bogor. Tapi kalau bisa, jalurnya jangan menabrak pohon dong.