Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Des 2018 10:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Halal di Taiwan, Ini Salah Satu Tempatnya

pipit pianita
d'travelers
Foto 1 dari 5
Berjarak 1.5 jam dari Taipei, Flying Cow Ranch banyak didatangi wisatawan lokal yang datang bersama keluarga
Berjarak 1.5 jam dari Taipei, Flying Cow Ranch banyak didatangi wisatawan lokal yang datang bersama keluarga
detikTravel Community - Taiwan memang bukan negara dengan mayoritas Muslim. Tapi, ternyata ada beberapa tempat wisata ramah Muslim lho di sana.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan mengikuti tur Taiwan Leisure farm bersama Taiwan Leisure Farm Development Association (TLFDA). Walaupun berabel tur ke pertanian, kegiatan yang saya ikuti sangat beragam. Tidak melulu harus berinteraksi dengan hewan ternak atau memetik buah untuk dibawa pulang. Tur all in ini sangat ramah wisatawan muslim, makanan hewani dan nabati yang disajikan sudah tersertifikat halal dari Chinese Muslim Association.

Taiwan Leisure Farm Development Association (TLFDA), merupakan organisasi non laba yang menaungi 200 pertanian dan peternakan yang tersebar di seluruh wilayah di Taiwan. TLFDA menjadikan pertanian dan peternakan di Taiwan menjadi Leisure farm untuk rekreasi keluarga yang menarik dan tempat menginap yang nyaman. Beberapa mungkin berada jauh dari keramaian, tetapi jangan kuatir tersedia paket-paket perjalanan yang memungkinkan fasilitas all in hingga antar-jemput.

Pertanian anggota TLFDA biasanya memiliki tema khas. Seperti di Flying Cow Ranch. Peternakan ini mengajak turis interaktif memberi makan sapi, memerah susu, melihat atraksi memberi makan bebek yang seru, hingga berbelanja produk dan kudapan berbahan dasar susu. Saya bahkan mencoba dengan kuah campuran susu segar, Ice cream, bahkan pudding yang semuanya halal. Selain menyediakan makanan dan produk halal, Flying Cow Ranch menyediakan toilet khusus untuk pengunjung muslim dan ruang sholat.

Di Pertanian bunga, Flower Home Leisure farm milik keluarga Chen. Saya melihat ladang bunga yang sangat indah. Selain pertanian, pemiliknya Chen Chi Neng juga membangun penginapan, workshop penyulingan untuk bahan dasar pembuatan kulit, kosmetik, wewangian, dan toko untuk produknya. Produk dari Flower Home Leisure farm sangat aman untuk para hipersensitif pada wewangian. Malam itu saya menginap di paviliunnya, sehingga berkesempatan mencoba produk tersebut gratis dan membeli sabun untuk menghaluskan kulit dan mengobati jerawat sebagai oleh-oleh.

Saya bukan penyuka dunia memancing. Tetapi sangat menikmati kegiatan memancing udang galah bersama wisatawan lokal di Lan Yan Prawn Ecological Farm. Di sini, udang diberi makan dengan teknik alami, menggunakan pakan dari rumput laut. Dengan umpan udang-udang kecil, dua udang berukuran sedang berhasil saya tangkap sendiri, lalu dimasak sederhana untuk dinikmati bersama teman satu tur.

Tahun 2018 ini, TLFDA boleh berbangga karena 10 anggota telah bersertifikat halal. Halal tidak didefinisikan tanpa babi atau hanya menyediakan makanan vegetarian dan laut. Cara pemotongan dan perlakuan hewan ternak, kebersihan alat memasak dan alat makan dari unsur yang diharamkan sangat diperhatikan. Area makan antara pengunjung muslim dan umum biasanya terpisah, serta tersedia ruang bersih untuk beribadah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED