Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Des 2018 11:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Lebih Dekat Bandara Kertajati di Majalengka

Foto 1 dari 5
Check-in Area di Bandara Kertajati
Check-in Area di Bandara Kertajati
detikTravel Community - Kini Bandara Kertajati sudah bisa dinikmati oleh para traveler. Mau lihat lebih jelas berbagai sudut-sudutnya?

Jawa Barat sudah mempunya bandara kelas internasional yang baru. Namanya Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati atau BIJB Kertajati. Bandara ini terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Bandara ini didapuk sebagai bandar udara terbesar kedua di Indonesia berdasarkan luas setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara Kertajati berjarak kira-kira 68 kilometer di timur Bandung. Jika menggunakan mobil pribadi, hanya butuh 2 jam untuk mencapai bandara ini dari Kota Bandung. Hal ini berkat sudah beroperasinya tol Cipali (Cikoko-Palimanan) yang dapat memangkas waktu tempuh menuju Majalengka. Bandara ini dibangun sebagai alternatif bandar udara internasional kedua selain Bandara Husein Sastranegara di Bandung untuk melayani masyarakat Jawa Barat lainnya seperti Cirebon, Garut, dan bahkan beberapa kota di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini juga sangat membantu agar masyarakat memiliki pilihan sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh harus ke Kota Bandung ataupun Tangerang jika ingin naik pesawat terbang.

Bandara ini terletak sangat strategis, tapi memang akses transportasi publik belum banyak yang langsung menuju bandara ini. Tampak dari luar, bandara ini sangat megah sangat teratur. Misalnya pengaturan drop off penumpang yang akan berangkat atau Pintu Keberangkatan terletak di lantai dua, baik penerbangan domestik maupun internasional. Sedangkan drop off penumpang yang baru tiba atau Pintu Kedatangan terletak di lantai dasar, baik penerbangan domestik maupun internasional. Untuk parkir terletak di lantai dasar.

Pengamanan di bandara ini pun cukup ketat, dimulai dengan pemeriksaan barang menggunakan X-Ray di pintu masuk sebelum check-in dan pemeriksaan yang sama sekali lagi saat akan memasuki ruang tunggu untuk boarding. Perhatikan bawarang bawaan traveller, seperti jangan membawa barang yang tajam maupun rentan meledak. Bahkan kebutuhan traveller masa kini seperti power bank pun cukup ketat di sini. Yang diperbolehkan adalah power bank dengan batas maksimal 20.000 mAh.

Saat awal Desember lalu, bandara ini masih tergolong sepi. Belum tampak restoran atau tempat makan yang beropasi. Namun sudah ada toko yang menjual oleh-oleh khas lokal. Fasilitas pelayanan bandara ini sudah lengkap bahkan di ruang tunggu sudah ada tempat bermain anak-anak sehingga bisa dibilang bandara ini cukup kids friendly. Karena bandara ini masih baru beroperasi, beberapa maskapai penerbangan memberikan tiket dengan tarif promo. Jadi, buat traveler yang ingin menjajal pelayanan Bandara Kertajati sekaligus menikmati tarif promo tiketnya, cuss segera ke Bandara Kertajati

BERITA TERKAIT
BACA JUGA