Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Jan 2019 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sensasi Trekking Menuju Coban Rais di Batu

Rahmatia Fitri
d'travelers
Foto 1 dari 5
Rimbunnya pepohonan sepanjang perjalanan ke Coban Rais
Rimbunnya pepohonan sepanjang perjalanan ke Coban Rais
detikTravel Community -

Bingung mau liburan Tahun Baru ke mana? Traveler bisa coba destinasi Coban Rais di Batu. Panorama pegunungan dan udara yang sejuk akan membuat pikiran rileks.

Tinggal di kota besar seperti di Depok dengan tumpukan pekerjaan yang seperti tiada habisnya kadang membuat kita menantikan waktu liburan. Lembutnya pasir pantai, hijaunya pepohonan dan kulit yang menghitam karena terkena sinar matahari di tepi pantai sudah terbayang-bayang dari jauh hari sebelum waktu liburan yang tidak tahu kapan tibanya.

Namun, beruntungnya saya mendapatkan kesempatan untuk bepergian ke Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu. Walaupun sebenarnya perjalanan tersebut untuk urusan pekerjaan.

Saya sangat bahagia karena tempat tujuan saya sangat dekat dengan Malang, dan Kota Malang sudah lama berada dalam travel bucket list saya untuk dikunjungi.

Perjalanan saya dengan pesawat dari bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Juanda di Surabaya ditempuh selama 1,5 jam. Dari bandara Surabaya saya langsung menuju Kabupaten Pasuruan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Akhir pekan pun tiba dan sesuai rencana, di pagi hari saya sudah bersiap untuk berangkat ke Malang. Saya sudah tiba di Kota Malang setelah menempuh perjalanan darat dengan mobil selama 1 jam, tapi perjalanan tidak hanya sampai di Kota Malang. Saya melanjutkan perjalanan menuju Coban Rais di Kota Batu selama 30 menit.

Sepanjang jalan menuju Kota Batu saya benar-benar terpukau dengan keindahan tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dihampiri. Tidak heran jika Kota Malang dijuluki dengan kota wisata karena berbagai tempat wisata seperti pantai, gunung, taman bunga, hingga taman bermain ada di sini.

Saya pun tiba di tempat wisata Coban Rais. Namun, untuk sampai di air terjun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 5 km karena tidak ada akses untuk kendaraan roda empat.

Jadi bagi sobat traveler yang nanti ingin ke sini, jangan lupa sarapan dulu ya! Di sekitar pintu masuk menuju Coban Rais banyak dijual berbagai oleh-oleh dan makanan khas Jawa Timur seperti rawon, bakso Malang, hingga tahu campur yang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Dari pintu masuk saya menghela nafas panjang karena udara di sini benar-benar segar dan saya juga melewati kawasan Batu Flower Garden yang sangat indah dan dipenuhi dengan taman bunga serta berbagai spot berfoto yang menarik.

Setelah memanjakan mata dengan pemandangan perbukitan dan berfoto ria, perjalanan dilanjutkan dengan jalan setapak ke wilayah hutan. Saya cukup kaget karena ternyata medan menuju air terjun tergolong cukup ekstrim di mana jalanannya mendaki dan begitu sempit dan licin.

Menyusuri sungai bahkan harus memanjat bebatuan yang ukurannya besar dan sebagian sudah ditumbuhi lumut. Untungnya saya sudah menyiapkan sepatu khusus agar tidak mudah tergelincir, tapi tetap saja berhadapan dengan ketinggian saat mulai mendaki sangat memicu adrenalin.

Tips untuk sobat traveler agar memperhatikan cuaca jika ingin ke sini karena jalanan yang dilalui sangatlah licin jika turun hujan serta perlu mempersiapkan fisik dan mental yang kuat.

Rimbunnya semak belukar di dalam hutan dan keindahan lanskap pegunungan membuat saya tak mampu berkata-kata. Riuhnya suara burung-burung dan serangga hutan membuat pikiran menjadi rileks dan tenang.

Setelah beberapa menit perjalanan, suara derasnya air terjun sudah terdengar dari kejauhan, saat itu pula kaki semakin semangat untuk melangkah menuju tujuan.

Setibanya di tujuan, saya disambut dengan curahan air terjun yang amat tinggi yaitu 20 meter di mana Coban Rais ini memang terletak di ketinggian sekitar 1.025 meter dari permukaan laut di lereng Gunung Panderman.

Sobat traveler bisa saja mandi di kolam air terjun, tapi air yang ada di sini sangat dingin. Sehingga bagi sobat yang tidak tahan dingin cukup berada di tepian kolam sambil menikmati panorama di sekitar.

Tak jarang kera-kera liar datang menampakkan diri dengan cara bergelayutan di dahan pohon. Perjalanan yang ditempuh memang menguras tenaga, tapi semua terbayarkan dengan udara yang segar dan sejuk serta pemandangan yang indah seakan mengikis rasa lelah. Benar-benar pengalaman yang seru dan tak terlupakan.

Jadi bagaimana sobat traveler, apakah tertarik untuk merasakan sensasi perjalanan menyusuri hutan menuju Coban Rais? Yuk, segera rencanakan liburan ke Malang bersama teman atau keluarga!

Liburan tidak perlu ribet, saya sendiri cukup menggunakan satu aplikasi untuk mengatur segala persiapan liburan yaitu dengan aplikasi tiket.com. Mulai dari tiket pesawat, penginapan, sewa mobil, hingga tiket masuk ke berbagai tempat wisata bisa sobat dapatkan di sini.

Selain itu kita juga bisa dapatkan berbagai tips dan trik liburan di blog tiket.com loh! Sobat juga bisa mengumpulkan TIX Point dengan bertransaksi di tiket.com yang nantinya dapat ditukar dengan berbagai penawaran menarik.

Salah satunya potongan harga untuk pemesanan di tiket.com. Sangat menarik bukan? Tunggu apalagi? Ayo dapatkan pengalaman yang lebih seru dengan liburan ke sini!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED