Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Feb 2019 17:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengagumi Alam Komodo, Rinca hingga Labuan Bajo

Pradikta Kusuma
d'travelers
Foto 1 dari 5
Meliat sekumpulan komodo yang berada di Pulau Rinca
Meliat sekumpulan komodo yang berada di Pulau Rinca
detikTravel Community - Tahun 2019 banyak tanggal merah, bingung mau kemana? Datang saja ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Anda dipastikan kagum sejak dari Labuan Bajo.

Tak lucu kan jika datang ke Labuan Bajo tapi tak melihat yang namanya Komodo itu sendiri. Komodo dapat kalian temukan dengan mudah di 2 pulau terbesar di dekat Labuan Bajo, yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Komodo berkeliaran dengan bebas di kedua pulau ini.

Jadi jika ingin melihat komodo dengan dekat harus didampingi dengan ranger. Berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kapal dari Labuan Bajo, Pulau Komodo dan Rinca dapat kita capai. Tak ada akomodasi darat dan memang transportasi satu-satunya hanya menggunakan kapal.

Di kedua pulau itu pun mempunyai spesies komodo endemik yang berdiam di sana. Pulau Komodo dan Pulau Rinca memiliki penampakan yang hampir sama yaitu pulau gersang dengan sebaran padang rumput yang mempesona.

Ada beberapa pilihan jalur trekking di Pulau Komodo dan Rinca, yaitu short, medium dan long. Tinggal pilih sesuai waktu dan kemampuan fisik. Tapi yang pasti semua trek mempunyai daya tarik tersendiri.

Trekking mungkin nampak melelahkan apalagi ditambah terik matahari yang bersinar. Namun percayalah semua perasaan itu akan sirna ketika di tengah penelusuran jalur trekking akan bertemu dengan sekawanan komodo, tentunya rasa lelah tadi akan berubah menjadi rasa takjub luar biasa bisa melihat langsung sang naga raksasa.

Di sepanjang jalur trekking di Pulau Rinca, kalian akan ditemani oleh pemandangan indah berupa jajaran perbukitan dan hamparan laut biru. Bukit ini akan kering dan bewarna kuning di saat musim kemarau sedangkan apabila masuk musim penghujan, bukit ini akan berubah warna menjadi hijau. Di sela-sela perjalanan trekking, kalian akan menemukan puncak bukit yang memiliki pemandangan khas Pulau Rinca.

Hamparan laut biru dipadukan dengan perbukitan eksotis semakin menambah keindahan Pulau Rinca. Sungguh memanjakan mata setiap pengunjungnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED