Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Feb 2019 19:14 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Aneka Kuliner Lezat di Singkawang, Wajib Coba

Ryan Febriyan
d'travelers
Foto 2 dari 5
Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Vihara Tri Dharma Bumi Raya
detikTravel Community -

Singkawang punya banyak keunikan yang tidak ada habisnya. Apalagi berbagai macam kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Singkawang, salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Barat. 145 km tepat berada disebelah utara kota Pontianak. Singkawang menjadi kota destinasi liburan di saat musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru dan kota ini sangat ramai pada Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh, Karena mayoritas penduduknya beragama Budha dan Kong Hu Cu.

Desember 2018, saya dan teman teman berkesampatan untuk datang ke kota ini. Walaupun musim liburan, kami tak takut kalau harga tiket mahal, soalnya belinya di aplikasi tiket.com, kapan pun kalian mau berangkat, promo nya pasti ada terus. Selain tiket pesawat, kami juga membeli tiket hotel di aplikasi tiket.com, apapun tiketnya, aplikasi nya Cuma satu, Tiket.com #semuaadatiketnya.

Menempuh perjalanan selama satu setengah jam dari Jakarta ke Pontianak. Perjalanan dari CGK ke PNK memakan waktu selama satu setengah jam melayang di udara. Setibanya di Bandara Internasional Supadio Pontianak, kami langsung bergegas mencari transportasi menuju Singkawang. Ada dua alternatif transportasi yaitu menggunakan bus Damri atau travel. Bedanya kalau bus Damri ada jam jam tertentu, setiap dua jam sekali. Kalau naik travel, kapan pun siap berangkat, ngak perlu nunggu lagi. Harga untuk Bus damri sekitar Rp 110.000 per orang, dan untuk Travel Rp 140.000 per orang. Kami memutuskan menggunakan jasa travel, karena ingin buru buru sampai di Singkawang.

Walaupun kami pergi ber 4, 2 teman kami lainnya memutuskan untuk tidak ikut ke singkawang, sehingga hanya aku dan salah satu teman ku yang pergi ke singkawang. Ada tiga alternatif yang dapat kalian tempuh dari bandara Supadio menuju ke kota Singkawang, menggunakan mobil travel, bus damri ataupun sewa mobil. Perjalanan dari Bandara Supadio menuju Singkawang selama 3 – 4 jam tergantung dari macet atau ngak. Kurang lebih sama seperti Jakarta ke Bandung.

Kami menghabiskan waktu satu hari dan satu malam di kota yang dijuluki sebagai Kota Seribu Kelenteng ini. Ternyata bukan hanya kelenteng ataupun kuliner di kota Singkawang. Kami juga dapat menikmati pantai yang berada tak jauh dari kota Singkawang. Perjalanan kami dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan transportasi online, karena jaraknya yang dekat, sehingga tak perlu menyewa mobil seharian. Berikut list kuliner dan tempat wisata yang wajib kamu tuju selama di kota Singkawang.

PONDOK ALIONG (Halal)

Salah satu tempat makan yang selalu ramai pengunjung di kota Singkawang, Pondok Aliong. Makanan disini SUPERRB PUASS..!!! dan harganya murah.. Sempat ragu dengan restoran chinese food ini, karena tidak ada harga di menu. Karena kami memesan banyak makanan, sehingga kami khawatir akan harga bill yang akan kami bayar. Tapi total harganya cuma dibawah Rp 150.000, dan enak lagi.

 

VIHARA TRI DHARMA BUMI RAYA

Berlokasi di tengah kota Singkawang, Vihara Tri Dharma Bumi Raya menjadi kelenteng tertua yang berdiri kokoh sejak tahun 1878. Kelenteng ini dibangun sebagai bentuk pernghormatan kepada Dewa Bumi Raya ( Tua Peh Kong ) atas rejeki yang diberikan kepada masyarakat di kota Singkawang. Sempatkan diri anda untuk memasuki pintu Vihara agar tahu gimana budaya masyarakat keturunan Tiong Hoa di Singkawang menghormati leluhur.

 

KOPI TIAM RUSEN

Sisi barat Vihara terdapat Kopi Tiam Rusen. Sempatkan sejenak diri anda untuk duduk di Kopi Tiam Rusen, minum kopi susu nya akan membuat semangat kalian kembali pulih setelah menempuh perjalanan jauh dari Pontianak. Suasana nya nyaman dan memang cocok banget untuk nongkrong bersama teman teman. 

RUMAH MARGA THJIA

Sebuah rumah bergaya tiongkok klasik, mengukir sejarah keturunan pendatang dari cina bermarga Thjia. Rumah ini luas, dan terbagi menjadi beberapa area. Disini kalian juga bisa menikmati Choi Pan yang terkenal. Harganya per satuan adalah Rp 1.500, murah dan enak. Banyak tamu yang datang malah memesan 50 pc per meja, seenak itu lho. Dan dijamin halal, karena sama sekali tidak mengandung daging, hanya berupa sayuran, kuchai dan bengkoang.

MIE BAKSO SAPI & AYAM 68

Tenang saja, disini halal kok. Kalian bisa menikmati bakso sapi dan mie ayam yang telah berdiri sejak tahun 1977. Di dinding dalam rumah makan ini, tergantung figura figura orang orang terkenal di Indonesia, menandakan seakan bahwa rumah makan ini digandrungi dari segala penjuru Indonesia, bahkan artis dan pejabat pun datang kesini.  

BUBUR GUNTING SINGKAWANG

Asuk ( Sebutan paman dalam bahasa Tiong Hoa) yang menjual bubur gunting ini hanya bermodalkan gerobak, yang memiliki pondokan kecil untuk duduk mencicipi bubur ini. Bubur gunting ini terbuat dari sagu, dan ada tambahan roti garing yang menjadi pemanis bubur ini. Makan-nya ngak cukup satu mangkok, minimal kalian harus mencicipi dua mangkok, biar puas.

RUJAK THAI PUI JIE

Kedai satu ini tak pernah sepi pembeli. Kalau pengen seger seger, disini tempatnya. Rujak yang terkenal adalah rujak mangga, segar sekali, dan ada tambahan ebi nya yang membuat rasanya semakin gurih dan berbeda. Selain rujak, disini juga tersedia kelapa muda dan es cendol.

DANAU BIRU

Merupakan kawasan bekas penambangan emas pada puluhan tahun silam. Danau Biru menjadi salah satu wisata di Singkawang. Memiliki warna danau biru toska, Danau Biru dulu nya populer sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang kesini. Tetapi saat kami datang, popularitas danau ini sudah menurun.

KAHYANGAN RESORT

Pantai ini bisa kalian kunjungi saat pulang dari Singkawang menuju ke Pontianak, karena jalurnya searah. Berada kurang lebih 30 menit dari Singkawang, pantai-pantai ini bisa kalian kunjungi secara estafet. Salah satunya adalah pantai di Kahyangan Resprt. Selain mempunyai pantai pribadi, disini juga tersedia penginapan. Pantai nya bersih, dan memiliki ombak yang tenang. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga disini.

PANTAI TANJUNG BAJAU

Tempat wisata yang super lengkap di pantai Tanjung Bajau. Selain menikmati pantai, disini juga terdapat arena permainan untuk anak anak. Tempat nya instgramable, sehingga cocok buat kalian yang hobi berfoto dan mencari spot baru untuk foto profile kalian.

PULAU SIMPING

Dijuluki sebagai Pulau Terkecil di Dunia, untuk menyebrang ke pulaunya, terdapat jalur yang telah dibuat dari kayu. Tetapi saat kami datang, jalur tersebut lagi roboh, sehingga dalam perbaikan. Jangan sedih, karena disini kalian bisa menikmati pantainya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA