Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Mar 2019 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata ke Dalam 'Tubuh Manusia', Seperti Apa?

Rahmatia Fitri
d'travelers
Foto 1 dari 5
Di dalam zona jantung, terdapat replika jantung yang sudah diperbesar lengkap dengan suara detak jantungnya
Di dalam zona jantung, terdapat replika jantung yang sudah diperbesar lengkap dengan suara detak jantungnya
detikTravel Community - Museum Tubuh di Kota Batu memang unik. Traveler yang wisata ke sana serasa seperti masuk ke dalam tubuh manusia.

Tidak seperti museum pada umumnya yang menampilkan barang kuno berumur hingga ratusan tahun, The Bagong Adventure menawarkan sensasi berwisata yang modern dan unik. Ini merupakan museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Destinasi unik yang berlokasi satu area dengan Jatim Park 1 ini merupakan tempat wisata edukasi yang menampilkan anatomi tubuh manusia.

Dengan luas yang mencapai 1 hektar, museum ini berbentuk seperti tubuh manusia dan memberikan sensasi menyusuri bagian dalam tubuh manusia, mulai dari zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, dan masih banyak lagi. Total terdapat 16 zona tubuh didalam museum ini. Wah lengkap juga ya?

Salah satu zona di museum ini adalah zona mulut, di mana pengunjung dapat belajar mengenai bagian lidah yang mampu mengecap rasa manis, pahit, dan asin. Menariknya lagi, di setiap ruangan terdapat staf yang dengan ramah akan menjelaskan secara mendetail setiap organ tubuh beserta sistem kerjanya.

Museum ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern sehingga semakin menarik minat untuk mempelajari anatomi tubuh beserta cara kerjanya. Terinspirasi dari karakter Bagong yang merupakan salah satu tokoh dari empat sekawan pewayangan Jawa yang paling lucu dan cerdik, museum ini sangat cocok sebagai wisata edukasi untuk pembelajaran bagi anak-anak, remaja, dan dewasa. Uniknya lagi, pintu masuk ke museum ini adalah bagian mulut Bagong, seakan-akan wisatawan benar-benar masuk ke dalam tubuh Bagong dan menjelajah tiap organ-organ tubuh Bagong.

Di dalam museum yang terdiri dari 6 lantai ini terdapat sebuah robot lucu yang bisa memperagakan proses pilek dan mimisan. Selain itu kamu juga bisa bermain peran bersama temanmu karena tersedia bermacam alat peraga kesehatan yang bisa dipakai seakan-akan pengunjung berperan menjadi pasien dan dokter.

Bentuk dari organ-organ tubuh yang ada di museum ini sengaja di buat besar dan jelas serta mirip dengan aslinya. Pembangunan museum ini memang dilakukan sebagai bentuk partisipasi dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang biologi dan kedokteran.

Hebatnya lagi, pengunjung Museum Tubuh bahkan bisa mendapatkan check up secara gratis oleh tenaga medis di ruang pemeriksaan yang disediakan. Pemeriksaan gratis meliputi pemeriksaan gula darah, cek kolesterol, cek asam urat, tensi darah, cek berat badan ideal, cek tinggi badan ideal, cek osteoporosis serta cek kesehatan mata.

Zona terakhir dari museum ini yaitu Zona Exhibition. Pada zona ini terdapat ruang cadaver di mana yang diperbolehkan masuk adalah pengunjung yang berusia lebih dari 18 tahun. Cadaver adalah tubuh manusia asli yang diawetkan dengan cara plastinasi untuk keperluan ilmu pengetahuan. Di dalam ruangan ini tidak diperbolehkan membawa kamera.

Museum Bagong juga dilengkapi dengan food court, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir merasa lapar dan haus. Museum ini buka mulai pukul 08.30 hingga 16.30, dengan harga tiket masuk mulai dari 55.000 rupiah. Terdapat tiket terusan juga untuk kamu yang ingin sekalian mengunjungi Jatim Park 1.

Museum yang baru dibuka pada pertengahan Desember 2014 ini sangat pas menjadi objek wisata sekaligus tempat belajar bersama keluarga. Akses menuju museum ini mudah karena lokasinya berada ditengah kota wisata Batu dan hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Malang.

Setelah seharian berkeliling Museum Tubuh dan Jatim Park 1, keesokan harinya kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata lain di Malang yang letaknya berdekatan, salah satunya Jatim Park 2. Kamu tidak perlu galau mencari hotel karena di area sekitar Jatim Park 1 ini banyak tersedia penginapan. Kini mencari hotel tidak perlu ribet, karena bisa pesan online lewat aplikasi tiket.com.

Saya sendiri sering memesan penginapan dengan aplikasi ini karena pilihan penginapannya yang bervariasi, mulai dari yang hemat di kantong hingga hotel bintang 5. Di aplikasi ini banyak terdapat fitur-fitur pilihan untuk memudahkan pencarian, lengkap dengan ulasan penginapan yang mencakup lokasi, kebersihan, kamar, dan pelayanan. Banyak promo menarik juga yang bisa kamu dapatkan, salah satunya potongan harga.

Tak hanya memesan hotel, aplikasi tiket.com ini juga bisa untuk pesan tiket pesawat, sewa mobil, hingga tiket atraksi. Jalan-jalan kamu akan lebih hemat dan tidak ribet, apalagi dijamin #semuaadatiketnya. Selain metode pembayarannya yang aman dan mudah, kamu juga bisa menggunakan program cicilan kartu kredit untuk pembelian tiket pesawat, tiket hotel, tiket event dan atraksi, serta sewa mobil. Program cicilan ini sangat praktis karena kamu dapat langsung memilih jenis pembayaran kartu kredit dan tenor cicilan, tanpa perlu melakukan konfirmasi ke pihak bank.

Jangan lupa untuk mengunjungi blog tiket.com karena di sana kamu bisa mendapatkan info-info menarik di destinasi liburan. Dengan bertransaksi di tiket.com, kamu juga bisa mendapatkan TIX Point untuk ditukarkan dengan potongan harga. Ada TIX Spot juga untuk menikmati berbagai penawaran berbagai merchant di tiket.com. Tunggu apa lagi, yuk segera jadwalkan rencana liburanmu bersama orang-orang tersayang ke Museum Tubuh dengan aplikasi tiket.com!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA