Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Apr 2019 15:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Long Weekend di Samarinda, Bisa Wisata Susur Sungai Mahakam

Edelweiss Blogger
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kapal Pesut Bentong salah satu armada wisata susur sungai Mahakam Kota Samarinda.
Kapal Pesut Bentong salah satu armada wisata susur sungai Mahakam Kota Samarinda.
detikTravel Community - Pekan ini Indonesia tengah menikmati momen libur panjang. Kalau liburan ke Samarinda, kamu bisa wisata susur Sungai Mahakam.

Kali ini saya ingin memperkenalkan wisata baru yang menjadi andalan Kota Samarinda, yaitu wisata menyusuri Sungai Mahakam dengan Kapal Wisata. Jalur yang dilewati Kapal wisata yaitu diantara 2 jembatan megah yang membelah Sungai Mahakam.

Setiap Sabtu, Minggu dan libur nasional selalu diadakan open trip reguler bagi pengunjung yang ingin melihat sisi lain Kota Samarinda dari Sungai Mahakam. Ada 3 kapal yang melayani wisata susur sungai, yatu Kapal wisata Pesut Bentong, Pesut Mahakam dan Pesut Etam. Ketiga armada kapal diberi nama pesut yang merupakan sejenis lumba-lumba air tawar endemik Sungai Mahakam yang sudah mendekati kepunahan.

Sekitar awal tahun 90-an pesut masih berenang bebas di sungai Mahakam Kota Samarinda. Namun, sekarang sudah sangat sulit ditemui kecuali harus bergerak ke arah hulu sungai mahakam yaitu di Kota Bangun dan Muara Muntai.

Kapal wisata ini dibagi menjadi dua yaitu VIP dan reguler. Rute reguler kapal wisata dibagi menjadi 2 sesi, yaitu dari dermaga pasar pagi hilir menuju Jembatan Mahakam dan Big Mall kemudian kembali ke Dermaga Pasar Pagi Hilir, dan rute kedua adalah dari Dermaga Pasar Pagi Hilir menuju Jembatan Mahkota 2 dan kemudian kembali ke arah Dermaga pasar Pagi Hilir.

Untuk rute ke jembatan Mahkota 2 selalu menjelang malam hari, karena atraksi utamanya adalah melihat lampu hias jembatan mahkota yang berwarna-warni. Bagi wisatawan wajib mengabadikan keindahannya dengan berswafoto dengan latar belakang jembatan mahkota yang diterangi lampu berwarna warni.

Jadi, Kota Samarinda sangatlah menarik untuk kalian kunjungi. Ada desa wisata Pampang tempat pertunjukan adat Budaya suku dayak Kenyah, Masjid Terbesar dan termegah kedua se-Asia Tenggara yaitu Mesjid Baitul Muttaqien (Islamic Center), Kampung ketupat yang berwarna Warni, Jembatan Mahkota 2 yang cantik di Malam hari, Kampung Tenun Sarung Khas Samarinda, Taman Samarendah, Museum Samarinda dan Wisata Susur Sungai Mahakam dengan Kapal Wisata Pesut.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA