Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Apr 2019 11:24 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Kemegahan Rusia Lewat Theater Kelas Dunia

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gedung Bolshoi teater tampak dari depan
Gedung Bolshoi teater tampak dari depan
detikTravel Community - Inilah Theater Bolshoi di Moskow. Sudah ada sejak tahun 1776, theater ini memamerkan gaya mewah Rusia yang sudah ada sejak lama.

Saat berkunjung ke Moskow, Tur ke Teater Bolshoi adalah salah satu atraksi yang tidak boleh dilewatkan. Hanya diadakan pada hari Selasa, Rabu dan Jumat, peserta tur ini dibatasi sebanyak 20 orang.

Untuk tur dalam bahasa Rusia dimulai pukul 11.00 waktu setempat, sedangkan untuk tur dalam bahasa Inggris dimulai pukul 11.30 waktu setempat. Tur ini tidak bisa dibooking secara online, jadi kita harus langsung datang kesana dan mengantri di depan pintu 12 di Historic Building.

Saat kami sampai di depan pintu masuk, belum terlalu banyak orang yang mengantre. Sekitar setengah jam sebelum jam tur dimulai, petugas keluar dari pintu gedung untuk membagikan nomor sampai 20. Alhamdulillah kebagian, harus sigap karena bisa saja direbut pengunjung lain.

Setelah pembagian nomor, pintu ditutup lagi dan kami diminta menunggu sampai jam mulai tur. Akhirnya pintu dibuka lagi, dan petugas memanggil sesuai nomor urutan.

Di dalam, kami dipersilakan untuk ke loket dan membayar tiket terlebih dahulu. Harganya 1500 rubel atau sekitar 360 ribu rupiah. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai ataupun kartu kredit.

Kemudian kami berbaris dan berkumpul di satu sudut dengan seorang guide yang akan mengantar kami keliling. Tur ini sendiri akan memakan waktu sekitar 1 jam. Oya, kami juga diharuskan memakai pelindung sepatu dari plastik sehingga tidak membuat kotor lantai teater serta menitipkan mantel atau jaket kami di tempat yang sudah disediakan.  Tas juga harus dititip, jadi kami hanya membawa handphone dan kamera saja.

Sejarah Teater Bolshoi dimulai pada tahun 1776, saat Catherine II memberikan wewenang kepada jaksa, Prince Pyotr Urusov keistimewaan untuk menyelenggarakan berbagai pertunjukan termasuk balet selama 10 tahun. Gedung Teater Bolshoi ini dibuka pada tanggal 20 Oktober 1856, tepat di hari penobatan Tsar Alexander II. Bolshoi sempat direkonstruksi pada Juli 2005 hingga Oktober 2011.

Di sini kita akan memasuki berbagai ruangan teater. Di awal tur, kami diantar ke sebuah ruangan teater dimana sedang dilakukan rehearsal untuk sebuah pertunjukan musik. Setelah itu kami diantar menuju ruang teater utama yang sangat megah.

Kami mencoba duduk di beberapa spot tempat duduk. Teater megah ini didominasi warna emas dan merah. Terlihat juga ruangan ini memiliki lampu gantung yang mewah. Terbayang betapa megahnya saat ada pertunjukan.

Setelah melihat ruangan teater utama tersebut dari bawah, kami diantar untuk melihat teater dari lantai atas dengan menaiki lift. Tentu saja dari sini juga teater terlihat tidak kalah megah dan anggun.

Dari situ, kami diajak melihat ruangan tempat para petinggi Rusia menunggu sebelum pertunjukan dimulai. Ruangan terakhir adalah ruangan eksibisi dimana terdapat berbagai macam patung yang dipamerkan, patung black swan salah satunya.

Setelah tur selesai, ruangan terakhir yang bisa kami lihat adalah toko souvenir. Jika tidak membeli, melihat-lihat sajapun tak apa. Karena kualitasnya memang sangat baik, tak heran harganya juga tidak murah.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA