Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Mei 2019 08:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berwisata ke Masjid Terbesar di Kalimantan Selatan

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bagian depan Masjid Agung Al Karomah
Bagian depan Masjid Agung Al Karomah
detikTravel Community - Kota Martapura cukup menarik untuk dikunjungi. Di sana ada Masjid Agung Al Karomah, masjid kebanggaan warga sekaligus yang terbesar di Kalimantan Selatan.

Kota Martapura selama ini lebih dikenal sebagai penghasil batu mulia dan intan berkualitas. Namun tahukah traveler, bahwa Martapura juga dikenal sebagai Kota Santri karena banyaknya pesantren yang ada di kota ini, serta kehidupan masyarakatnya pun sangat agamis dan religius.

Saat berkunjung ke kota Martapura, kita juga bisa menikmati wisata religi di masjid bersejarah yang ada di Kota Martapura, bernama Masjid Agung Al Karomah. Masjid ini terletak tidak jauh dari Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat.

Masjid Agung Al Karomah merupakan masjid terbesar di Kalimantan Selatan. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1863. Pada awal dibangun, masjid ini bernama Masjid Jami Martapura.

Pada awal dibangun, masjid ini mengadopsi gaya arsitektur Masjid Agung Demak, dengan atap limas bersusun tiga. Namun setelah dipugar pada tahun 2004, Masjid Agung Al Karomah berubah menjadi masjid bernuansa modern dan megah.

Yang unik dari Mmsjid ini, walaupun sudah beberapa kali di renovasi, namun hingga saat ini kita masih bisa menjumpai soko guru dari kayu ulin yang dipergunakan saat awal masjid dibangun.

Soko guru dari kayu ulin ini konon diambil dan dibawa langsung oleh ulama pencetus pembangunan masjid, Haji Muhammad Afif atau dikenal dengan Datu Landak dari Barito di Kalimantan Tengah dengan berjalan kaki.

Hingga hari ini, keempat soko guru yang kokoh berdiri di ruang utama sholat, masih disakralkan oleh masyarakat sekitar, dan terdapat rangkaian bunga segar yang dikaitkan di masing-masing soko guru dari kayu ulin ini.

Selain soko guru berusia ratusan tahun, di masjid ini juga mimbar yang terbuat dari kayu ulin dengan ukiran bunga yang indah, berbetuk panggung dan dilengkapi tangga. Konon mimbar ini juga sudah berusia lebih dari satu abad.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA