Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Apr 2019 14:58 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Akhir Pekan Seru di Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Agus Salim
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Taman Wisata Alam Gunung Tunak bisa jadi pilihan destinasi untuk menghabiskan akhir pekan. Dijamin seru deh!

Berbicara tentang Lombok tentu tidak ada habisnya. Dan pasti akan terbesit ketika itu adalah tempat-tempat wisata nan indah dan elok. Khususnya deretan pantai-pantai yang indah di Pulau Lombok. Sebut saja Pantai Mawun, Pantai Kuta Mandalika, Tanjung An dan masih banyak lagi.

Selain itu, Lombok juga punya TWA (Taman Wisata Alam) lho. Namanya Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Kondisi topografi TWA Gunung Tunak terletak pada ketinggian antara 0-105 mdpl.

TWA Gunung Tunak cukup unik dengan bentang alam yang bervariasi: datar, gelombang berbukit, sampai bergunung dan merupakan deretan beberapa gunung dan bukit dengan lembah serta hutan yang cukup luas dan lebat di sekitarnya.

TWA Gunung Tunak menawarkan berbagai destinasi wisata dalam satu lokasi, seperti penangkaran kupu-kupu, penangkaran rusa, bukit-bukit yang bertebing langsung menghadap ke laut dan tentunya pantainya yang sangat indah.

Bagi para traveler yang suka sekali dengan tantangan, TWA Gunung Tunak adalah jawabannya. Banyak terdapat spot foto yang sangat instagramable karena TWA ini sangat indah, masih terjaga dan asri.

Menikmati keindahan pantai dari atas bukit TWA Gunung Tunak memberikan pengalaman berbeda saat berkunjung ke lokasi wisata ini. Belum lagi perbukitan yang terbentang luas sehingga dengan leluasa memandang pantai yang melengkung dengan pasir putihnya yang indah. Laut kebiru-biruan sangat jernih dan bersih terlihat dari atas bukit Gunung Tunak.

Banyak sekali spot-spot untuk mengabadikan moment saat ke gunung tunak ini. Dan sangat instagramable. Dengan latar belakang laut yang luas dan terdapat pulau-pulau karang kecil yang mungkin sudah berusia ribuan tahun, berdiri tegap di tengah laut. Meruncing membentuk kerucut pulau itu.

Suasana yang masih asri dan alami. Angin yang tidak terlalu kencang, sepoi-sepoi kata orang sangat bersahabat pada musim-musim angin lagi tenang-tenangnya. Kicaua dan sekelebat burung melintas diatas menyambut para wisatawan ke TWA Gunung Tunak.

Pada saat akhir musim penghujan seperti sekarang ini, wisatawan akan di hadirkan hamparan rumput hijau bak karpet yang menyelimut gunung tunak. Sangat indah sekali. Karena kawasan ini masih jarang di kunjungi. Tetapi mulai tahun ini lokasi TWA Gunung Tunak sudah menata dirinya dengan sangat elok.

Di depan gerbang masuknya jalan sudah teraspal halus sampai ke penangkaran kupu-kupu dan rusa. Jadi para wisatawan dapat dengan mudah ke TWA Gunung Tunak.

Terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Untuk sampai di lokasi ini sangat mudah. Dari Bandara Internasional Lombom hanya butuh sekitar satu jam perjalanan.

Akses jalannya juga sudah sangat bagus, beraspal. Dan jangan takut untuk tidak menemukan lokasi TWA Gunung Tunak, selain di google map sudah ada, di sepanjang jalanpun banyak plang-plang penunjuk ke Lokasi TWA Gunung Tunak.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA