Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Mei 2019 12:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menyambut Fajar di Sanur, Bali

Wayan Mariani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Warna langit menjelang mentari menampakkan diri, menakjubkan bukan.?
Warna langit menjelang mentari menampakkan diri, menakjubkan bukan.?
detikTravel Community - Pantai Sanur, salah satu pantai di timur pulau Bali yang menjanjikan pemandangan matahari terbit yang memukau. Wajib ke sini lihat view cantiknya!

Bali memang tidak pernah habis dikupas sebagai daerah pariwisata. Suguhan alam yang cantik dan budaya yang kental makin menambah eksotisme pulau seribu pura ini. Beruntungnya saya, karena lahir dan besar di pulau kecil yang indah ini. Sanur, Salah satu desa yang memiliki pantai indah yang ada di provinsi beribukota Denpasar ini. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Denpasar, hanya sekitar 4-5 km apabila Anda menginap di pusat kota, atau hanya sekitar 20 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Cukup dekat bukan?

Pantai Sanur membentang dari ujung selatan ke ujung utara dengan nama yang berbeda-beda. Pantai Mertasari merupakan pantai di Sanur yang terletak di ujung selatan, kemudian utaranya disebut Pantai Semawang, lalu Pantai Karang, diikuti dengan Pantai Sindhu, lalu Pantai Segara, dan terakhir yang paling utara adalah Pantai Matahari Terbit. Pantai Matahari Terbit adalah satu-satunya pantai di Sanur yang memiliki pasir berwarna hitam. Selebihnya, pantai-pantai di Sanur berpasir putih bersih yang menawan. Begitu banyak nama pantai jadi sangat membingungkan. Pemberian nama pantai ini lebih karena berdasarkan pengelompokkan daerah di Bali yang disebut dengan Banjar. Mirip dengan sistem RT/RW di daerah lain, hanya saja Banjar scope nya lebih besar. Sepanjang pantai Sanur, dari selatan hingga utara tetap menjanjikan pemandangan sunrise di pagi hari, jadi Anda dapat mengunjungi salah satunya apabila tidak memiliki waktu yang panjang untuk menikmati sunrise di Pantai Sanur. Mengunjungi pantai Sanur akan sangat menakjubkan apabila dilakukan di pagi hari, terutama sebelum matahari terbit.

Bagaimana tidak, pantai ini memang sangat terkenal dengan pemandangan sunrise nya. Tentunya saat langit sedang mendukung ya, alias tidak mendung apalagi hujan. Akan lebih mudah dan menyenangkan apabila Anda memang menginap di sekitar Pantai Sanur. Lebih mudah dan hemat waktu, tentunya tidak akan menghilangkan kesempatan untuk melihat keindahan matahari terbit di ufuk timur pulau ini. Karena Sanur merupakan obyek pariwisata, tentunya harga hotel-hotel di sekitar Sanur, terutama yang dekat dengan pantai memiliki tarif yang tidak murah.

Tapi jangan khawatir, cukup banyak penginapan dan homestay  yang bertebaran di sekitar pantai ini, yang tentunya menawarkan harga yang lebih terjangkau bagi para backpacker. Memang, konsekuensinya penginapan dan homestay ini tidak begitu dekat dengan pantai, namun berjalan kaki menuju pantai akan tetap terasa menyenangkan dan lumayan untuk melemaskan kaki di pagi hari. Pastikan Anda sudah di pantai sekitar pukul 05.30 WITA untuk dapat menyaksikan perubahan warna langit dari hitam pekat menjadi jingga kemerahan sampai sang mentari memutuskan untuk muncul perlahan-lahan secara menakjubkan. Jangan lupa kamera ya, bisa untuk merekam prosesnya, ataupun sekadar mengambil gambar untuk mengabadikan momen yang indah ini. Terutama bagi Anda yang gemar selfie ya, meskipun kebanyakan hasilnya akan menjadi siluet dengan latar belakang langit yang kemerahan. Setelah puas menyaksikan proses terbitnya matahari, apa lagi yang dapat dilakukan di pantai ini.? Jangan khawatir, Anda yang gemar jogging dapat melanjutkan untuk mencari keringat di sepanjang pantai Sanur sambil menjelajahi pantai Sanur dari ujung hingga ke ujung.

Selain itu, karena pantai ini berombak tenang, jadi Anda dapat dengan aman dan nyaman berenang sambil bermain pasir bersama keluarga atau teman-teman. Bagi Anda yang gemar fotografi, bisa melanjutkan mengambil gambar beberapa spot yang menjadi trademark di Pantai Sanur, di antaranya karang pemecah ombak dengan gazebo khas Bali, atau hotel Inna Bali Beach yang terletak di antara Pantai Segara dan Pantai Matahari Terbit. Banyak pula para penjaja wahana olahraga air yang dapat Anda sewa jasanya, entah untuk sekadar berperahu hingga seawalker. Jangan lupa kuliner lumpia yang sangat mudah ditemui di sepanjang pantai Sanur akan sangat pas untuk menjadi menu sarapan Anda. Di hari libur, sepanjang pantai Sanur akan sangat ramai dikunjungi masyarakat. Apabila kebetulan Anda berkunjung ke pantai Sanur pada saat hari raya Hindu, Anda akan menjumpai banyak masyarakat yang melakukan persembahyangan di sekitar pantai. Tentunya hal ini akan menambah pengalaman Anda saat mengunjungi pantai ini. Selamat mencoba.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Bukit Teletubbies dari Yogya

Selasa, 25 Jun 2019 10:50 WIB

Liburan sekolah ke Yogyakarta, ada tempat wisata baru yang bisa traveler kunjungi. Namanya Bukit Teletubbies Domes View. Suasananya masih sepi dan asri.