Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Mei 2019 15:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mau ke Malaysia Lewat Batam, Ini Jalur dan Biayanya

edi muhammad yamin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pelabuhan Batam Center
Pelabuhan Batam Center
detikTravel Community - Bosan naik pesawat ke Malaysia? Ada alternatif lain menggunakan kapal. Lebih asyik lho!

Seperti yang kita ketahui jika kota Batam merupakan kota besar di Indonesia yang lokasinya sangat strategis karena berada dizona perdagangan Internasional maupun zona perlintasan 3 negara yakni Singapura, Malaysia dan Indonesia. Aktivitas diperairan disekitarnya juga terlihat sangat padat baik itu aktivitas Perdagangan maupun pelayaran antar negara.

Setelah menyelesaikan misi keliling Indonesia lebih dari 370 hari, perjalanan saya masih tetap dilanjutkan kedestinasi lainnya. Kali ini saya penasaran dengan Jalur Darat atau Jalur laut yang biasa digunakan oleh warga Batam untuk menyebrang ke Johor Malaysia Maupun Sebaliknya.

Dikota Batam sendiri Ada banyak Pelabuhan yang melayani Rute dari Batam Indonesia ke berbagai Negara Tetangga seperti Singapura atau Malaysia. Salah satu jalur yang biasa sering digunakan oleh masyarakat diperbatasan adalah melaui Pelabuhan Batam Center yang tepat berada dipusat kota Batam. Dari pelabuhan ini kita bisa menuju kota Johor Malaysia melalui pelabuhan Berjaya Waterfront yang tak jauh dari pusat kota Johor Bahru.

Untuk sampai dipelabuhan Batam Center, kalian bisa naik angkutan umum maupun naik Ojek Online. Tapi jika ingin lebih hemat saya sarankan kalian bisa menggunakan Bus Trans Batam yang tarifnya hanya Rp 4000 saja. Bus Trans Batam ini akan melayani banyak sekali rute maupun jalur disepanjang Pesisir hingga pusat kota Batam seperti salah satunya adalah Jalur Lintas Nongsa - Batam Center.

Pelabuhan Batam Center tidak seperti pelabuhan biasa lainnya yang dipenuhi calo sebab dipelabuhan ini sudah bertaraf Internasional. Jadi Kalian tak perlu takut lagi dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga perjalanan terasa lebih aman dan lancar. Penjual tiket ditempat ini juga resmi dan pelayaran Internasional disini sudah menggunakan ketentuan dan kelayakan bertaraf Internasional juga.

Begitu sampai dipelabuhan kita tinggal masuk kedalam gedung dan membeli tiket yang tersedia diarea Ruang pelabuhan. Selain banyak pilihan jenis kapal juga banyak sekali rutenya yang melintasi pelabuhan Batam Center ini. Nah jika kalian sudah membeli tiket, kalian tinggal masuk keruang pemeriksaan imigrasi kemudian masuk ke ruang tunggu penumpang dan menunggu hingga waktu keberangkatan diumumkan.

Tarif Atau Biaya Penyebrangan Batam ke Johor

Untuk Tarif per penumpangnya sendiri masih tergolong cukup murah yaitu berkisar Rp 270.000 - 300.000. Atau dalam bentuk ringgit mencapai 90 RM sudah termasuk Tax atau pajak Pelabuhan. Soal Visa Kalian tak perlu khawatir lagi karena negara-negara di Asean sudah menerapkan bebas visa yang artinya kalian hanya perlu menunjukkan Passpor kalian saja.

Dibutuhkan sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan kapal Fery express ini. Tapi balik lagi semuanya tergantung dengan kondisi dan cuaca saat itu. Selama diperjalanan kita juga bisa melihat kota-kota disepanjang teluk atau perairan ketiga negara. Kita bisa melihat gedung-gedung mewah berjejer disepanjang pinggir pulau baik itu gedung dikawasan Singapura maupun dikawasan Johor Malaysia.

Jadwal keberangkatan Kapal Fery dari Batam ke Johor dan dari Johor ke Batam

Seperti yang kita ketahui jika kota Batam merupakan kota besar di Indonesia yang lokasinya sangat strategis karena berada dizona perdagangan Internasional maupun zona perlintasan 3 negara yakni Singapura, Malaysia dan Indonesia. Aktivitas diperairan disekitarnya juga terlihat sangat padat baik itu aktivitas Perdagangan maupun pelayaran antar negara.

Penyebrangan lintas Negara dari pelabuhan Batam Center ke pelabuhan Berjaya Waterfront di Johor dilakukan 3-4 Kali. Berikut ini Jadwalnya :

Dari Batam Center Indonesia - Berjaya Waterfront Johor Malaysia Setiap hari mulai pukul 6.30 - 08.00 - 09.30 - 12.30 14.00 - 17.30

Dari Berjaya Waterfront Johor Malaysia ke Batam Center Indonesia dilakukan Setiap hari mulai pukul 12.30 - 13.55 - 14.00 dan 14.45 waktu Malaysia.

Selamat Berlayar..

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED