Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2019 11:57 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Taman Ini Katanya Bikin Awet Muda, Kamu Percaya?

Rita Pawestri
d'travelers
Foto 4 dari 5
Salah satu jenis tanaman pemakan serangga di Botanical Garden
Salah satu jenis tanaman pemakan serangga di Botanical Garden
detikTravel Community - Ada taman cantik di tengah kota Taipei. Selain jadi paru-paru kota, taman ini katanya juga bisa bikin pengunjungnya awet muda.

Salah satu taman hijau yang terbesar di kota Taipei adalah Taman Pemuda atau Youth Park. Dalam bahasa Mandarin dikenal sebagai Qingnian GongYuan. Qingnian artinya Pemuda sedangkan GongYuan berarti taman.

Sesuai dengan namanya, taman ini didedikasikan untuk orang-orang yang ingin awet muda. Dengan melakukan banyak aktivitas di sini, jiwa dan raga mereka akan senantiasa muda dan terus bersemangat.

Lokasinya berada di tengah kota di Distrik Wanhua, sebelah barat daya Kota Taipei. Pada masa penguasaan Jepang, area seluas kurang dari 25 ha itu merupakan tempat latihan militer.

Tetapi kemudian tempat ini mengalami beberapa kali perubahan fungsi, sebagai South airport dan kemudian sebagai tempat latihan golf. Namun di tahun 1976 tempat ini resmi menjadi area rekreasi bagi masyarakat Taipei.

Sebagai tempat rekreasi, pengunjung bisa melakukan olah raga atau sekedar duduk-duduk menikmati udara segar. Puluhan arena dari berbagai jenis cabang olah raga hadir di sini.

Mulai dari jogging tract, arena bersepeda, permainan bola, bahkan renang. Bagi yang tidak ingin olah raga bisa sekedar membaca atau memanfaatkan fasilitas ruang audio-visual.

Salah satu hal yang menarik adalah adanya area bagi lansia berkebutuhan khusus. Sebuah area berjalan kaki dilengkapi dengan hand rail diperuntukkan bagi lansia yang kesulitan bergerak. Sementara bagi yang membutuhkan jalur berbatu, taman ini juga menyediakan.

Ratusan pohon raksasa berdaun lebat tidak hanya mempercantik taman ini tetapi juga menyuplai udara segar. Desain jogging track yang sangat unik dilengkapi dengan arsitektur khas China seperti jembatan dan pondok di tengah kolam ikan, menambah keindahan taman Pemuda ini.

Selain itu, tatanan berbagai jenis tanaman membuat taman ini sangat elok bagi penyuka fotografi. Untuk menyuplai tanamannya, disediakan area khusus rehabilitasi tanaman. Setiap pagi dan sore petugas tanamanan tampak selalu merapikan tanaman di taman ini.

Sehari-harinya, bisa dibilang taman ini tidak pernah sepi. Bila pagi dan sore menjelang, taman ini dipenuhi oleh anak-anak dan lansia. Para lansia seringkali terlihat bersama pengasuhnya yang mayoritas berasal dari Indonesia.

Semakin malam suasana semakin ramai, umumnya didominasi kelompok remaja dan dewasa yang beraktivitas sepulang kerja. Ada yang datang sendirian, bersama keluarga, pasangan, atau sekedar bersama anjing piaraannya.

Satu-satunya yang berbeda dengan taman lain di Kota Taipei adalah hadirnya sebuah botanical garden. Bangunan beratap setengah lingkaran ini berisi koleksi tanaman pemakan serangga.

Wah seru banget loh, karena kita bisa menyaksikan langsung tanaman yang biasanya hanya bisa disaksikan di media massa. Buat penggemar fotografi, ini bisa menjadi objek yang sangat menarik.

Yang unik lainnya adalah keadiran salon lansia. Seorang wanita setengah baya menyediakan jasa potong rambut untuk lansia. Dengan bermodalkan sebuah kursi, cermin dan perlengkapan memotong, ia membantu para lansia merapikan rambutnya. Cukup banyak juga loh pelanggannya!

Di samping taman, pedagang dari deretan tenda-tenda hadir menjajakan aneka produk. Mulai dari makanan, pakaian, hingga kebutuhan sehari-hari. Jadi, selesai berolah raga, mereka dapat berbelanja sesuai kebutuhan!

Bila kalian ada waktu luang, tidak rugi mengunjungi Youth Park. Selain berekreasi, kita bisa berolah raga sambil belajar tentang tanaman monster!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED