Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Jun 2019 18:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jejak Pelabuhan Indonesia Bisa Ditemukan di Sini

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Terdapat diorama yang menceritakan saat bangsa asing mulai datang ke Indonesia
Terdapat diorama yang menceritakan saat bangsa asing mulai datang ke Indonesia
detikTravel Community - Museum Maritim Indonesia menawarkan berbagai jejak laut Tanah Air dari masa ke masa. Penasaran bagaimana?

Sejarah panjang pelabuhan yang ada di Indonesia bisa traveler temukan di Museum Maritim Indonesia. Letaknya yang berada di tengah pelabuhan, semakin membuat kita bisa merasakan suasana yang berbeda dibanding museum pada umumnya.

Museum Maritim Indonesia terletak di dalam kawasan pelabuhan Tanjung Priok, atau tepatnya berada di dalam kawasan yang sama dengan Pelindo 2, atau yang kini sudah rebrading menjadi IPC (Indonesia Port Corporation).Museum ini menempati salah satu gedung tua dan bersejarah yang ada di kawasan Tanjung Priok. Soft opening Museum Maritim Indonesia sudah dilakukan sejak tanggal 7 Desember 2018 yang lalu.Untuk menuju lokasi museum ini memang harus diakui tidak mudah, dan praktis tidak dilalui oleh kendaraan umum karena lokasinya yang berada di kawasan pelabuhan Tanjung Priok.

Namun demikian, dari stasiun Tanjung Priok atau shelter transjakarta terdekat, kita masih harus menyambung dengan ojek atau taxi.Di lantai dasar, masih dipertahankan bagian-bagian asli dari bangunan kuno yang dipergunakan menjadi museum ini, salah satunya adalah lantai. Terdapat kaca patri di bagian lantai, sehingga kita masih bisa melihat lantai asli yang dipergunakan bangunan ini.Lantai dasar Museum Maritim Indonesia terbagi menjadi dua bagian, yaitu sayap barat yang menceritakan sejarah kemaritiman di Indonesia pada era penjajahan bangsa asing, dan sayap timur yang menceritakan sejarah pelabuhan-pelabuhan Pelindo di Indonesia.Di sayap barat, sejarah dan latar belakang invasi bangsa asing ke Indonesia digambarkan dengan perpaduan diorama dan display benda sejarah yang menarik. Aneka benda-benda berharga yang dijarah bangsa asing dari Indonesia juga ditampilkan di museum ini.

Yang menarik, rempah-rempah yang pada jaman dahulu merupakan komoditi yang mahal dan sangat berharga bagi bangsa Eropa yang menjajah, bisa kita temukan di museum ini. Aneka macam rempah-rempah mulai dari pala, lada dan cengkeh di tampilkan pada tiruan gudang pada jaman dahulu.Dari sisi jendela lantai 2, kita bisa menyaksikan kesibukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, maupun kapal-kapal cargo maupun kapal penumpang yang bersandar di pelabuhan Tanjung Priok.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA