Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jun 2019 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Sari Ringgung Yang Bikin Mager di Lampung

arief kas
d'travelers
Foto 1 dari 4
Pantai Sari Ringgung
Pantai Sari Ringgung
detikTravel Community -

Lampung memiliki banyak pantai cantik yang cocok untuk short escape saat weekend. Salah satu yang rekomendasi adalah Panti Sari Ringgung.

Mudik tahun 2019 ini kami jalani ke provinsi Lampung, ujung bagian timur pulau sumatera yang berbatasan dengan Selat Sunda. 12 tahun kami sekeluarga tidak mudik ker umah Pak De di kawasan Bandar Sri Bhawono di Lampung Timur.

Selepas Idul Fitri hari pertama, kami bergegas menuju kekota Bandar Lampung yang ditempuh selama 1,5 jam. Dan hanya berbekal dari peta mbah google, kami menuju ke pantai yang berada di pesisir selatan kota Bandar Lampung.

Lampung dianugerahi kawasan perbukitan yang subur dengan hutan-hutan yang masih perawan, sebagian lagi menjadi kebun produktif dan dikelilingi oleh pantai yang cantik mulai dari sisi utara hingga timur lampung. Dari kota Bandar Lampung kami menuju pantai Sari Ringgung dengan jarak tempuh 30 menit.

Begitu tiba masuk di kawasan wisata, setiap wisatawan dikenakan tarif HTM : Rp 15 ribu/orang dan mobil dikenakan tarif Rp 20 ribu/mobil. Total 3 dewasa + 2 anak-anak + 1 mobil dikenakan tarif masuk Rp 70 ribu.

Kawasan wisata ini telah dikelola sebagai private beach dan bukan open beach yang bebas dinikmati oleh masyarakat. Oleh karena itu siapkan kocek lebih agar dapat menikmati beragam fasilitas tambahan seperti penyebrangan ke pasir timbul. Ada banyak gazebo disekitaran pantai yang bisa dijadikan sarana peristirahatan sementara untuk keluarga, tarif per gazebo Rp 100ribu.

Begitu memasuki kawasan pantai berpasir putih yang cantik, anak-anak segera bergegas untuk ganti baju dan tidak sabar untuk mencelupkan kaki di air pantai yang jernih. Pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya yang ciamik menambah ketenangan. Ombak laut yang kecil dan pasir putih yang landai sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga berenang dengan tenang tanpa perlu khawatir.

Ada spot menarik yang disajikan seperti ayunan di pinggir pantai pasir putih, luangkan waktu sambil berendam, mencari kerang atau ganggang seperti bunga laut cantik yang tumbuh subur di dasar pantai. Kejernihan air begitu terasa. Spot taman bermain anak juga disediakan sehingga mereka bisa main perosotan atau ayunan secara gratis. Bahkan ada satu spot perosotan yang bisa langsung terjun ke pantai di saat sedang pasang, sayang sore itu sedang surut sehingga tidak bisa digunakan.

Apabila Anda berminat untuk menyeberang ke pulau pasir timbul dikenakan biaya penyeberangan 200 ribu dan bisa mampir ke masjid apung. Tapi kami sekeluarga hanya menghabiskan waktu sepanjang waktu di pantai pasir putih yang cantik dengan semilir angin sepoi-sepoi serta pasokan oksigen yang sangat segar dari perbukitan hijau yang masih ditumbuhi hutan sekunder lebat.

Setelah selesai bermain di pantai, kami bisa bilas di toilet dengan air bersih dan ruang ganti yang memadai dan dikenakan biaya Rp 3 ribu perorang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED