Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jun 2019 14:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keindahan Pulau Pramuka yang Selalu Menggoda

Foto 1 dari 5
Matahari pagi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.
Matahari pagi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.
detikTravel Community - Jakarta punya Kepulauan Seribu sebagai wisata hoping island. Salah satu pulau yang ramai dikunjungi adalah Pulau Pramuka.

Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Kota Jakarta memiliki lima kotamadya dan 1 kabupaten yang tak lain adalah Kepulauan Seribu. Salah satu pulau besar di kepulauan ini adalah Pulau Pramuka.

Pulau ini dapat dicapai dalam waktu 3 jam jika naik kapal reguler atau perahu motor dari Muara Angke, dan hanya membutuhkan 1 jam jika naik kapal cepat dari Marina Ancol.

Pulau Pramuka juga merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Oleh karena itu di Pulau Pramuka terdapat pusat pemerintahan, pelayanan kesehatan, dan objek vital lainnya. Pulau yang memiliki luas 16,73 ha ini mendapatkan julukan atau namanya karena adanya kegiatan kepramukaan.

Sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta, pihak kepramukaan mengirim anggotanya untuk berlatih di pulau ini. Ini terjadi sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an.

Penduduk di Pulau Pramuka bermata pencarian sebagai nelayan, pengelola dan pegawai resort atau hotel-hotel yang ada di pulau ini, berdagang berbagai kebutuhan sehari-hari, mengelola tempat makan, menjadi pemandu wisata, dan lain sebagainya.

Pulau Pramuka bisa dibilang cukup maju dengan berbagai fasilitas pelayanan publiknya. Pemukiman dan sanitasi warga di Pulau Pramuka pun cukup baik.

Demikian juga sarana dan prasarana publik yang cukup memadai seperti masjid, rumah sakit, kapal ambulans, kantor pos, sekolah, bank, dermaga, Tempat Pelelangan Ikan, ATM, villa dan penginapan bagi pengunjung wisata. Bahkan sinyal telepon pun sangat baik di pulau ini.

Traveler bisa menikmati pemandangan laut yang indah dengan tanaman-tanaman bakau di garis pantainya. Tanaman bakau ini ditanam untuk kelestarian lingkungan dan pertahanan pantai. Matahari terbit dan matahari terbenam di Pulau Pramuka pun sangat indah.

Matahari terbit dapat dinikmati dari berbagai tempat dekat Taman Nasional Kepulauan Seribu, sedangkan matahari terbenam dapat dinikmati di berbagai tempat dekat ke dermaga utamanya. Traveler pun dapat memancing atau mencari kepiting kecil di pinggir pantainya untuk kemudian disantap.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED