Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jun 2019 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Uniknya Ambulans di Kepulauan Seribu

Foto 1 dari 5
Kapal Ambulans RSUD Kepulauan Seribu.
Kapal Ambulans RSUD Kepulauan Seribu.
detikTravel Community -

Mobil ambulans sudah biasa ditemui di berbagai tempat. Hanya kalau di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, tepatnya di Pulau Pramuka, ambulansnya berbentuk kapal.

Sebagai salah satu pulau yang memiliki pelayanan publik cukup lengkap, Pulau Pramuka pun dilengkapi dengan Rumah Sakit Umum Daerah. Tepat di depan rumah sakit ini terparkir beberapa ambulans. Ya, ambulans Pulau Pramuka adalah berbentuk kapal, tepatnya kapal cepat.

Kapal ambulans ini tidak hanya didesain sebagai transportasi, tapi juga untuk menjemput pasien di pulau-pulau yang tidak memiliki kapal ambulans. Di badan kapal ambulans ini terdapat tulisan 'Ketuk Pintu, Layani dengan Hati.' Ada logo seperti hati dan logo Provinsi DKI Jakarta. Warna dominan kapal ambulans ini berwarna putih dengan garis-garis merah di kanan kiri badannya.

Kapal ambulans ini merupakan kendaraan yang digunakan untuk merujuk pasien ke rumah sakit yang ada di daratan Jakarta untuk perawatan lebih lanjut. Ambulans ini juga untuk menjemput pasien rujukan dari setiap pulau untuk kemudian mendapat perawatan di RSUD.

RSUD Kepulauan Seribu memiliki 2 unit kapal ambulans yang beroperasi sesuai kebutuhan. Kebutuhan penggunaan ambulance untuk rujukan, mengantar dan menjemput pasien.

Saat mengunjungi dermaga di depan RSUD, ada dua kapal ambulans yang stand by. Satu kapan dengan empat motor mesin dan satunya lagi dengan tiga motor mesin. Hal itu karena kapal ambulans ini memang menjadi fasilitas kesehatan yang bergerak tanggap dan cepat untuk membantu pasien yang membutuhkan.

Bagi traveler yang sehari-hari tinggal di daratan dan perkotaan mungkin akan melihat kapal ambulans ini sebagai suatu hal yang unik.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA