Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Jul 2019 10:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kuil Cantik di Jepang & Taman Berisi Batu Mistis

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Untuk menghindari keramaian, sebaiknya berkunjung saat baru buka dan hampir tutup
Untuk menghindari keramaian, sebaiknya berkunjung saat baru buka dan hampir tutup
detikTravel Community -

Kuil Ryoanji di Jepang punya pemandangan yang cantik. Tapi kuil ini juga menyimpan taman yang berisi susunan batu mistis. Seperti apa?

Ryoanji temple memiliki Taman Hiraniwa, taman datar tanpa kolam atau bukit buatan yang biasanya kita temukan. Taman Zen ini didirikan pada tahun 1450 atas perintah Shogun Hosokawa Katsumoto.

Yang menjadi tujuan utama di taman ini adalah rock garden. Taman dengan pasir putih ini memiliki 15 buah batu dengan ukuran yang berbeda. Tidak ada yang tahu pasti apa arti dari penataan taman dengan batu ini.

Ada yang beranggapan batu-batu itu menggambarkan pulau-pulau di lautan. Namun yang unik adalah dari sudut manapun kita memandang, akan ada satu batu yang tidak terlihat. Hal ini bisa dikaitkan dengan konsep Cina bahwa 15 adalah angka sempurna.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini sehingga kita tidak bisa melihat seluruh batu karena keterbatasan perspektif kita. Untuk membuktikan ini, para pengunjung kerap menghabiskan waktu duduk di berbagai sisi berbeda dari hojo.

Di kompleks ini kita bisa melihat hojo, bekas tempat tinggal pendeta kuil ini. Terdapat lukisan-lukisan pada pintu gesernya dan tatami di dalam ruangannya. Selain itu terdapat juga kuri, atau dapur kuil yang saat ini menjadi pintu masuk kuil.

Yang juga tak kalah mengagumkan disini adalah taman dengan kolamnya. Dikelilingi pepohonan, warna-warni dedaunan terutama di musim gugur atau semi menambah keindahan tempat ini. Sungguh saya terpesona dengan ragam warna daun yang menghiasi tempat ini.

Kuil ini dibuka setiap hari dari jam 9 hingga 5 sore. Tiket masuk kuil ini sebesar 500 yen. Untuk mencapainya dari Kyoto station kita bisa naik bis selama 30 menit. Atau dari Kinkaku-ji temple kita bisa berjalan sekitar 20 menit.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA