Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jul 2019 21:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Cantik di Raja Ampat Ini Belum Banyak Orang Tahu

IA Ombi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Salah satu spot Snorkeling yang ada di Dayan Homestay
Salah satu spot Snorkeling yang ada di Dayan Homestay
detikTravel Community - Ada banyak pulau cantik di Raja Ampat. Salah satunya Pulau Batanta yang belum banyak orang tahu.

Sekitar dua jam dari Distrik Waisai Kota, ada satu pulau yang belum banyak dieksplor oleh para wisatawan yang datang, yaitu Batanta. Pulau Batanta memberikan suasana pantai dan hutan yang masih asri. Batanta termasuk salah satu dari empat pulau besar di Raja Ampat yang memiliki beberapa spot destinasi wisat seperti air terjun Warinkabom, Pulau Urun/Pasir Timbul Batanta, Kampung Yenyar, dan tentunya Pulau Dayan.

Pulau Dayan terletak di Pulau Batanta, khususnya Batanta bagian Utara. Pulau Dayan dikenal sebagai spot wilayah yang memiliki kekayaan dan keindahan luar biasa. Jarak tempuh dari pusat distrik ke Pulau Dayan sekitar dua jam dengan longboat atau 1,5 jam menggunakan speedboat.

Semua bisa diakses dengan mudah karena jarak yang tidak terlalu berjauhan. Kesempatan musim liburan kali ini, saya dan teman-teman komunitas putuskan untuk pergi ke Batanta dan menginap di Dayan Homestay. Homestay ini pas dimanfaatkan sebagai tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah trip seharian full.

Keindahan terumbu karang mengelilingi homestay sehingga para turis tidak perlu berjauh-jauh untuk sekadar snorkeling. Senja indah sore hari menambah romantisnya Pulau Dayan, terutama dari restoran Dayan Homestay.

Selain itu, ada dua spot yang jaraknya sangat berdekatan. Di sana terdapat spot yang menjadi tempat manta bermain dan mencari makan, terdapat pula spot yang menjadi tempat dugong (ikan duyung) bermain dan mencari makan.

Semuanya seolah kompak menyatu siap memanjakan suasana hati siapapun yang sedang banyak pikiran. Untuk sampai ke Pulau Dayan bisa diakses dengan private speed yang bisa disewa di Distrik Waisai Kota, atau jika sudah reservasi Dayan Homestay secara otomatis pengelola homestay akan menjemput turis di Distrik Waisa Kota.

Sedangkan untuk sampai di Distrik Waisai, para turis bisa mengaksesnya dari Kota Sorong menggunakan public speed dengan uang tiket sebesar Rp 100.000. Mau bermain bersama manta? Atau sekadar snorkeling menikmati berbagai jenis termbu karang dan ikan? Bisa dicoba nih!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA