Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Jul 2019 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menghabiskan Akhir Pekan di Perpustakaan Nasional

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Rak dengan berbagai koleksi buku yang ada di lantai 24.
Rak dengan berbagai koleksi buku yang ada di lantai 24.
detikTravel Community - Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis , karya cetak , karya rekam termasuk digital secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan , penelitian , pelestarian , informasi dan rekreasi para pemustaka.

Konsep perpustakaan sendiri dibagi menjadi 4 yaitu :Perpustakaan mengumpulkan buku , majalah , surat kabar , peta ,naskah , kaset film dan bahan perputakaan lainnya . Perpustakaan mendaftar , mengkatalog , mengindeks dan mengatur jajaran bahan perpustakaan agar mudah diakses pengguna.Perpustakaan memberikan layanan bahan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.Perpustakaan melestarikan hasil karya intelektual yang ada di dalam berbagai media atau bahan perpustakaan.Demikian keterangan yang terdapat pada salah satu dinding gedung Perpusatakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan .

Ibukota punya satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi para penggemar literasi. Inilah Perpustakaan Nasional yang banyak memiliki koleksi menarik.

Perpustakaan yang buka setiap hari termasuk di hari Sabtu dan Minggu ini , terbagi atas 2 bagian .Bagian pertama ada di gedung depan berlantai satu yang antara lain berisi perkembangan perpustakaan dari masa ke masa termasuk sejarah media tulis sebelum adanya kertas . Gedung ini seperti museum kecil dengan berbagai foto ,benda-benda dan keterangan yang berhubungan dengan perkembangan perpustakaan di Indonesia.

Di bagian belakang gedung pertama , terdapat gedung tinggi yang megah dengan tulisan Perpustakaan Nasional berukuran besar dan dalam beberapa bahasa .Memasuki bagian dalam gedung , pengunjung akan melihat deretan buku yang tinggi di salah satu bagiannya , sofa yang nyaman, beberapa foto dan bola dunia besar .Di sini juga terdapat loker untuk menyimpan barang bawaan pengunjung . Hanya laptop , dompet , hp dan tempat air minum yang boleh dibawa. Pengunjung akan diberikan kunci loker.

Setelah menitipkan barang bawaan pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas di perpustakaan ini . Bagi pengunjung yang belum memiliki kartu anggota, bisa menuju ke lantai 2 untuk mendaftar , karena tanpa kartu anggota kita tidak dapat menikmati fasilitas di sini.Pembuatan kartu anggota sendiri cukup mudah , pengunjung tinggal datang ke lantai 2 , mengisi data di komputer yang tersedia , mengambil kartu antrian yang akan tercetak dari komputer tersebut dan menunggu untuk foto di konter yang ada . Setiap hari terdapat 400 quota anggota baru , datanglah di pagi hari sebelum antrian ramai dan setelah kartu anggota selesai bisa menikmati perpustakaan lebih lama. Saat nomor antrian dipanggil pengunjung akan difoto dan diberi pertanyaan untuk verifikasi , proses ini hanya memakan waktu beberapa menit dan kartu pun selesai.

Dengan kartu anggota ditangan , kita sudah bisa berkeliling perpustakaan . Saya dan teman-teman saat itu memutuskan untuk ke lantai 24. Setelah antri lift, kami sampai di lantai 24 , meninggalkan kartu anggota di petugas dan mulai melihat-lihat koleksi buku yang ada. Rak-rak buku diatur dengan rapi dengan keterangan , sehingga pengunjung bisa mencari dengan mudah. Bangku dan sofa yang nyaman tersebar di beberapa tempat. Selain buku ada juga alat musik daerah dan kain daerah yang diberi pigura .Di bagian depan terdapat pintu untuk ke balkon dengan pemandangan langsung ke arah Monas . Di balkon sendiri juga terdapat bangku-bangku kayu.

Koleksi yang lengkap , ruang membaca dengan bangku-bangku yang nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama di sini .Sekedar informasi  buku-buku yang ada di sini tidak dapat dipinjam atau dibawa pulang ya, tetapi pengunjung bisa membuat salinan dengan mesin fotocopy yang ada . Selain fasilitas diatas , di perpustakaan ini terdapat musholla , kantin dan toilet sehingga pengunjung tidak perlu keluar untuk sholat atau saat lapar .

BERITA TERKAIT
BACA JUGA