Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jul 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Siaran Berita, Dunia Dalam Berita Ada di Sini

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dunia Dalam Berita berpusat pada dua peristiwa penting, yaitu pengaruh transisi dari era Orde Baru ke Reformasi serta pengaruh akibat dari demokratis media dan visual selepas era reformasi.
Dunia Dalam Berita berpusat pada dua peristiwa penting, yaitu pengaruh transisi dari era Orde Baru ke Reformasi serta pengaruh akibat dari demokratis media dan visual selepas era reformasi.
detikTravel Community - Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal sebagai Museum MACAN viral karena berbagai instalasi seni yang menarik. Ini salah satunya.

Hampir setiap periode, diselenggarakan pameran seni dari seniman dari dalam dan luar negeri. Seperti halnya pameran berbagai karya seni bertema Dunia Dalam Berita yang membawa saya sedikit bernostalgia dengan kenangan di masa kecil, saat setiap malam menyaksikan siaran berita dari TVRI.

Dunia Dalam Berita adalah pameran yang menampilkan karya dari seniman yang aktif pada pertengahan tahun 1990 hingga pertengahan tahun 2000. Karya yang ditampilkan dalam pameran ini menampilkan karya dari dua generasi yang berbeda, yaitu mereka yang memiliki bahasa artistik seiring dengan pengalaman pada masa perubahan sosial dan politik seputar reformasi dan mereka yang lahir setelah era reformasi.

Instalasi seni yang ditampilkan tentu akan memikat generasi milenial, sebab selain unik dan menarik, tentu saja instagramable dari berbagai sudutnya. Seperti misalnya karya Krisna Murti berjudul Makanan Tidak Mengenal Ras, berbentuk toilet duduk berwarna pink, yang jika dilihat ke dalamnya terdapat berbagai foto hidangan khas Indonesia yang berasal dari pertukaran budaya antara komunitas Jawa, Eropa, Tiongkok, India dan Timur Tengah.

Tidak hanya instalasi seni, terdapat juga lukisan karya komunitas seni Taring Padi bertema Tanah dan Petani Merdeka Menghidupi Semua dan Buruh Bersatu. Bukan lukisan biasa traveler, sebab lukisan ini diciptakan dari pahat kayu berbentuk stempel, kemudian diberi tinta dan di cap di atas kain.

Salah satu favorit saya adalah instalasi seni bertema Zona Ritsleting karya Mella Jaarsma. Tidak seperti karya seni lain yang kita hanya bisa nikmati dengan jarak tertentu, tapi di sini pengunjung bisa menyentuh langsung dan membuka deretan ritsleting yang ada di dinding. Tentu traveler penasaran ada apa di balik ritsleting ini.

Jika mau lebih puas, traveler ada baiknya datang lebih pagi. Jadi tidak perlu terlalu antre dan bisa leluasa saat berfoto. Namun, hanya kamera handphone yang bisa digunakan untuk mengambil gambar ya traveler. Tidak hanya bisa menikmati pameran, traveler juga bisa membeli aneka merchandise sebagai kenang-kenangan, baik bertema museum MACAN, maupun merchandise sesuai dengan pameran seni yang sedang berlangsung.

Jika penasaran, langsung saja datang ke museum MACAN. Soalnya, pameran ini hanya akan berlangsung sampai tanggal 21 Juli 2019. Akses menuju museum pun tidak susah, traveler bisa menggunakan MRT dan turun di stasiun Lebak Bulus, lalu naik busway koridor 8 arah Harmoni dan turun di shelter Kebon Jeruk. Tinggal jalan sedikit ke AKR Tower.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA