Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Okt 2019 15:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kabupaten Ini Punya Surga Wisata Kuliner Ayam

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ayam panggang kuliner khas Desa Gandu
Ayam panggang kuliner khas Desa Gandu
detikTravel Community - Magetan punya satu desa yang terkenal dengan kulinernya. Sentra Ayam Panggang Gandu, sesuai namanya tempat ini berada di Desa Gandu tepatnya di jalur Maospati-Ngawi.

Ketika memasuki jalan desa ini, kita sudah disambut oleh warung-warung penjual ayam panggang. Sepanjang jalan berjajar warung menawarkan menu yang sama, ayam panggang. Tinggal pilih sesuai selera lidah saja. Bila ingin mencicipi ayam panggang khas warung perintis lanjutkan perjalanan hingga sampai di penghujung jalan. Di sana kita akan menemui 2 warung perintis yakni warung Bu Setu dan Bu Suryani.

Walaupun sudah cukup terkenal namun tempat ini terkesan sederhana. Di sini pengunjung menikmati hidangan beralaskan tikar. Suasananya terasa santai dan nyaman seperti di rumah sendiri.

Di warung ini tersedia dua macam menu ayam yaitu pedas dan gurih. Untuk ayam panggang gurih penyajiannya tetap ada sambal tapi terpisah. Soal rasa jangan ditanya, pasti jadi ingin tambah lagi. Setiap harinya warung-warung ini bisa menjual ratusan ekor ayam panggang.

Yang membuat ayam panggang di Desa Gandu istimewa adalah bumbunya. Bumbu raciknya tediri dari cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit. Sedangkan ayamnya sendiri dipilih ayam yang masih muda sehingga dagingnya terasa empuk dan gurih.

Untuk pengolahannya dilakukan khusus dengan tungku tanah dan kayu bakar. Cara memasak inilah yang memberikan rasa khas pada ayam panggang. Selain itu tersedia menu pendamping seperti aneka lalapan segar, sambal, dan nasi hangat.

Pengunjung Sentra ayam panggang Gandu berasal dari Ngawi, Magetan, Madiun, Surabaya bahkan Jakarta. Bahkan mantan presiden Bapak SBY beserta rombongan pernah makan di tempat ini.

Bila Anda akan berwisata ke Magetan tambahkan Desa Gandu untuk wisata kuliner. Dijamin rasa ayam panggangnya bikin kangen.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA